Meningkatkan Minat Siswa Kelas XI ATP 1 SMK Negeri 1 Simpang Empat Dalam Belajar Pembibitan Dan Kultur Jaringan Tanaman Melalui Metode Pembelajaran Jarak Jauh Google Classroom Di Masa Pandemi Covid-19

Penulis

  • Noor Hidayah SMKN 1 Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu

DOI:

https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.482

Kata Kunci:

Minat Belajar, Google Classroom

Abstrak

Penelitian ini dirancang dan dilaksanakan menggunakan classroom action research atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI ATP 1 SMK Negeri 1 Simpang Empat yang berjumlah 33 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan persentase dan perhitungan skor perkembangan. Hasil penelitian menun-jukkan minat belajar siswa secara klasikal setelah menggunakan google classroom pada pembelajaran pembibitan dan kultur jaringan cenderung menurun. Hasil pra siklus (pretes) yang diadakan sebelum pembelajaran Siklus I diperoleh hasil dari 34 peserta didk 76,47% berada dibawah ketuntasan minimal atau belum menguasai materi penyiapan bahan tanam/ eksplan (sterilisasi eksplan), 23,53% berada di angka ketuntasan minimal dan diatasnya. Pembelajaran Siklus I diperoleh hasil dari 34 peserta didik yaitu 32,35 % masih belum menguasai materi penyiapan bahan tanam/eksplan (sterilisasi eksplan), 67.64% sudah menguasai materi yang disajikan.  Setelah diperoleh hasil Siklus I maka pembelajaran dilanjutkan ke tahap Siklus II .  Pada pelaksanaan pembelajaran Siklus II diperoleh hasil dari 34 peserta didik yaitu 52,94 % masih belum menguasai materi penyiapan bahan tanam/eksplan (sterilisasi eksplan), 47,06% sudah menguasai materi yang disajikan.

Referensi

https://www.kompasiana.com/jhonytarnando8800/5f314ee5d541df11ef2bd632/cara-meningkatkan-minat-belajar-di-masa-pandemi

https://lpmplampung.kemdikbud.go.id/detailpost/meningkatkan-motivasi-belajar-siswa-pada-pembelajaran-online-akibat-pandemi-covid-19

https://radarsemarang.jawapos.com/rubrik/untukmu-guruku/2020/08/12/tingkatkan-keaktifan-siswa-masa-pandemi-dengan-google-classroom/

https://ainamulyana.blogspot.com/2012/02/minat-belajar.html#:~:text=Orang%20yang%20berminat%20kepada%20sesuatu,mempelajari%20dan%20menekuni%20pelajaran%20tersebut.

https://indihome.co.id/blog/10-tantangan-belajar-daring-untuk-anak-sekolah-dan-kuliah

https://kumparan.com/laeli-hidayanti/kendala-belajar-online-bagi-siswa-saat-pandemi-covid-19-1tfb7OwtV7i/4

I Made Putrayasa, H. Syahruddin, I Gede Margunayasa. (2014). Pengeruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Mimbar PGSD. Universitas Pendidikan Ganesha. Jurusan PGSD Volume 2 No : 1

Kampus Guru Cikal. (April 2020). Surat Kabar Guru Belajar Edisi Khusus Sekolah Lawan Corona

Lia Titi Prawanti dan Woro Sumarni. (2020). Seminar Nasional Pascasarjana. Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Semarang.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta. Penerbit Rineka Cipta

Ratna Wilis Dahar. (2011). Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta. Erlangga. Hal 141

Wina Sanjaya. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta. Kencana Prenada Media Group

Wendy M Reinke et al. (2014). “Using Coaching to Support Teacher Implementation of Classroom-Based Interventions,” Journal of Behavioral Education 23, no. 1 p: 150–67.

Unduhan

Diterbitkan

2022-10-31

Cara Mengutip

Hidayah, N. . (2022). Meningkatkan Minat Siswa Kelas XI ATP 1 SMK Negeri 1 Simpang Empat Dalam Belajar Pembibitan Dan Kultur Jaringan Tanaman Melalui Metode Pembelajaran Jarak Jauh Google Classroom Di Masa Pandemi Covid-19. Pahlawan : Jurnal Ilmu Pendidikan, Sosial Dan Budaya, 18(2), 23–28. https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.482

Terbitan

Bagian

Artikel