http://ojs.uvayabjm.ac.id/index.php/pahlawan/issue/feed Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya 2021-10-26T01:16:58+00:00 Agus Dian Mawardi, M.Pd pahlawanjurnal@gmail.com Open Journal Systems <p>Pahlawan : Jurnal Ilmu Pendidikan, Sosial dan Budaya [<a href="http://u.lipi.go.id/1566290003" target="_blank" rel="noopener">ISSN: 2338-0853 &amp; eISSN: 2865-9920</a>]<br />JURNAL PAHLAWAN memuat isu aktual dibidang pendidikan, Sosial dan Budaya berisi tentang artikel-artikel Ilmiah, baik berupa opini maupun Hasil Penelitian dalam bidang pendidikan. Jurnal ini diterbitkan 2 (dua) kali setahun setiap bulan April dan Oktober oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Achmad Yani (UAY) Banjarmasin.</p> http://ojs.uvayabjm.ac.id/index.php/pahlawan/article/view/149 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS LITERASI SAINS BERMUATAN KARAKTER TOLERANSI UNTUK SISWA SMP PADA MATERI PEWARISAN SIFAT 2021-09-18T02:37:07+00:00 Muhammad Fajri Rahmatullah fajrimfr@gmail.com Chairil Faif Pasani chfaifp@ulm.ac.id Ratna Yulinda ratna.yulinda@ulm.ac.id <p>Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&amp;D). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas modul pembelajaran IPA SMP berbasis literasi sains pada materi pewarisan sifat berdasarkan penilaian validator. Modul pembelajaran dikembangkan dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), Sampai pada tahap validasi pakar (develop). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi modul pembelajaran berbasis literasi sains. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan data hasil validasi menunjukkan bahwa modul pembelajaran berbasis literasi sains memiliki tingkat validitas yang sangat baik ditinjau dari lima aspek: (1) aspek kelayakan isi memperoleh skor 1 kriteria validitas tinggi, (2) aspek kelayakan penyajian memperoleh skor 0,9 kriteria validitas tinggi, (3) aspek bahasa memperoleh skor 1 kriteria validitas tinggi, (4) aspek grafis memperoleh skor 1 kriteria validitas tinggi, dan (5) aspek literasi sains memperoleh skor 1 juga dengan kriteria valididitas tinggi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat dikatakan modul pembelajaran IPA SMP berbasis literasi sains dan bermuatan karakter toleransi pada materi pewarisan sifat yang dikembangkan oleh peneliti layak untuk digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul dapat menjadi salah satu sumber belajar yang dapat di gunakan untuk pembelajaran IPA bagi guru maupun perserta didik terlebih lagi di era pendidikan sekarang.</p> 2021-10-26T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya http://ojs.uvayabjm.ac.id/index.php/pahlawan/article/view/17 EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DAN KETUNTASAN BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 4 SDN 3 CEMPAKA 2021-09-27T06:41:11+00:00 Nadya Astuti nadyaastuti@uay.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran daring yang digunakan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia, untuk mengetahui keefektivitasan pembelajaran daring bahasa Indonesia, dan untuk mengetahui ketuntasan belajar bahasa Indonesia kelas IV SDN 3 Cempaka. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 3 Cempaka. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru kelas IV-A dan sampel dalam penelitian ini adalah ibu Rahma Dewi Siregar, S.Pd sebagai guru kelas IV-A. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama pandemi covid-19 proses pembelajaran di kelas IV SDN 3 Cempaka dilakukan secara daring, kegiatan pembelajaran selama daring dilakukan melalui aplikasi Whatsapp, keektivitasan pembelajaran daring bahasa Indonesia kelas IV di SDN 3 Cempaka dapat dikatakan kurang efektif, ketuntasan belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 3 Cempaka selama pembelajaran daring sebagian sudah tuntas. Saran dalam penelitian ini perlunya membangun motivasi belajar terhadap siswa untuk belajar daring.</p> 2021-10-26T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya http://ojs.uvayabjm.ac.id/index.php/pahlawan/article/view/18 PERAN GURU AGAMA ISLAM DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING SISWA DI SDN BERANGAS 1 KECAMATAN ALALAK 2021-10-05T04:57:28+00:00 Hartati hartatihudiuay@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Bimbingan Dan Konseling Siswa di SDN Berangas 1 Kecamatan Alalak. Metode yang digunakan dalam penelitian metode kualitatif yang berlokasi di SDN Berangas 1 dengan subjek penelitian Guru PAI, Wali Kelas, dan 5 Peserta Didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yaitu menggunakan trianggulasi. Berdasarkan hasil penelitian tentang peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam bimbingan dan konseling siswa di SDN Berangas 1 Kecamatan Alalak, menyimpulkan bahwa : 1) Guru pendidikan Agama Islam sangatlah berperan penting dalam membimbing peserta didik dalam membangun karakter peserta didik agar menjadi anak yang bertanggung jawab, berakhlak karimah, menangani permasalahan peserta didik yang berhubungan dengan moral, spiritual, yang sesuai dengan adab dan norma-norma dalam agama islam. 2) Dalam bimbingan dan konseling siswa di SDN Berangas 1 bahwa peranan Guru Agama hanya berperan dalam membantu Wali Kelas di sekolah dalam penanganan kasus permasalahan yang berhubungan dengan Agama Islam seperti bertanggung jawab dan berakhlak karimah.</p> 2021-10-26T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya http://ojs.uvayabjm.ac.id/index.php/pahlawan/article/view/55 DISCREPANCY EVALUATION MODEL (DEM) UNTUK MENGEVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSIF 2021-10-05T05:17:40+00:00 Alpha Ariani alphaariani@uay.ac.id <p>Program yang disusun dalam rangka memajukan pendidikan terus mengalami kemajuan dan berkem- bang secara dinamis, salah satunya adalah program penyelenggaraan pendidikan inklusif. Diperlukan proses evaluasi untuk memperbaiki dan menyempurnakan program ini. Salah satu model yang dapat diterapkan adalah model evaluasi kesenjangan (Discrepancy Evaluation Model/DEM) yang dikembangkan oleh Provus. Tujuan penelitian ini adalah melakukan telaah teoritis tentang penggunaan model DEM untuk mengevaluasi program penyelenggaraan pendidikan inklusif. Pendekatan yang digunakan adalah studi pustaka dengan data yang di- peroleh melalui studi dokumen, buku, dan artikel yang relevan kemudian dianalisis dengan model interaktif dari Miles and Huberman yaitu: (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan. Prosedur yang digunakan dalam model evaluasi kesenjangan ini melalui empat tahapan yaitu: (1) desain, (2) instalasi, (3) proses, (4) produk. Hasil dari penerapan model ini adalah pada setiap tahapan evaluasi dapat diketahui kesenjangan yang terjadi antara kondisi yang diharapkan dengan kenyataan di lapangan, sehingga dapat menjadi petunjuk untuk mengambil keputusan dalam rangka penyempurnaan dan pengembangan program.</p> 2021-10-26T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya http://ojs.uvayabjm.ac.id/index.php/pahlawan/article/view/49 PENGARUH PENGGUNAAN BAHASA DAERAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MIN 04 HULU SUNGAI TENGAH 2021-10-07T05:11:13+00:00 Nurul Huda Fitriani nyimas_awan@yahoo.co.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan bahasa daerah, terhadap hasil prestasi belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV MIN 04 Hulu Sungai Tengah Desa Kapar Kecamatan Batang Alai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian metode deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Teknik Observasi. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan peserta didik yang berjumlah 20 siswa. Pengolahan data menggunakan metode statistik menggunakan rumus regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa tarif signifikan (α) = 25% dan Df (darajat kebebasan=jumlah peserta-2 atau 20-2=18 Sehingga diperoleh T_tabel sebesar 0,688. Hasil statistik menunjukkan T_hitung=0,816&gt;T_tabel =0,688 berarti Ha ada “Pengaruh Penggunaan Bahasa Daerah Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia di IV MIN 04 Hulu Sungai Tengah Desa Kapar Kecamatan Batang Alai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah” diterima. Pengaruh Penggunaan Bahasa Daerah Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia di IV MIN 04 Hulu Sungai Tengah Desa Kapar Kecamatan Batang Alai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah sebesar 0,27% berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar siswa di kelas IV MIN 04 Hulu Sungai Tengah Desa Kapar Kecamatan Batang Alai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah.</p> 2021-10-26T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya http://ojs.uvayabjm.ac.id/index.php/pahlawan/article/view/150 PERAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP SUPERVISI DI SEKOLAH DASAR NEGERI BANJARMASIN 2021-09-27T06:29:19+00:00 Agus Dian Mawardi agusdm@uay.ac.id <p>Ada hubungan yang sangat kuat antara Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dengan Supervisi Kepala Sekolah I SD Negeri di Banjarmasin Timur. Dari hasil analisis regresi linier sederhana yang memberikan nilai persamaan sebesar Y = 1,862 + 0,967X artinya dapat diterjemahkan bahwa jika tidak ada kegiatan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, maka kegiatan Supervisi Kepala Sekolah mempunyai nilai konstanta sebesar 1862 point, namun jika penambahan kegiatan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah sebesar 1%, maka kegiatan Supervisi Kepala Sekolah akan meningkat sebesar 0,967 dengan kontribusi variable X sebesar 90% terhadap variable Y, sisanya 10% adalah faktor lainnya di luar penelitian ini. Bahwa Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Supervisi pada SD Negeri di Banjarmasin Timur adalah Baik.</p> 2021-10-26T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya http://ojs.uvayabjm.ac.id/index.php/pahlawan/article/view/156 HUBUNGAN PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP PERILAKU SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 BANJARMASIN 2021-10-11T06:06:36+00:00 Tati'ah tiauay@gmail.com <p>Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada hubungan antara pendapatan orang tua terhadap perilaku siswa di SMA Negeri 12 Banjarmasin. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif korelasi. Penelitian korelasi bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2 di SMA Negeri 12 Banjarmasin yang ber- jumlah 30 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik total sampling atau sampling total. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah bahwa tingkat pen- dapatan orang tua di kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 12 Banjarmasin dalam kategori sendang dan rendah, terdapat hubungan sangat rendah yang bersifat negatif antara pendapatan orang tua dengan perilaku siswa dan hipotesis yang didapatkan yaitu tidak ada hubungan antara pendapatan orang tua terhadap perilaku siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Banjarmasin. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan bahwa r hitung = -0,097 lebih kecil daripada r tabel = 0,361 pada taraf signifikan 5% dan t hitung = -0,515 lebih kecil daripada t tabel = 1,701 pada taraf signifikan 5% untuk uji satu pihak, sehingga dapat dibuktikan bahwa hipotesis nol (H0) tidak ada hubungan antara pendapatan orang tua terhadap perilaku siswa dinyatakan diterima.</p> 2021-10-26T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya http://ojs.uvayabjm.ac.id/index.php/pahlawan/article/view/4 PENGARUH PENGGUNAKAN GAWAI TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA DI SDN SEBERANG MASJID 1 KECAMATAN BANJARMASIN TENGAH 2021-07-19T13:44:16+00:00 Mahrita mahrita@uvayabjm.ac.id <p>Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan gawai terhadap perilaku sosial siswa di SDN Seberang Masjid 1 Kecamatan Banjarmasin Tengah. Obyek dalam penelitian ini adalah pengaruh penggunaan gawai terhadap perilaku sosial siswa di SDN Seberang Masjid 1 Kecamatan Banjarmasin Tengah dan subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III, IV, dan V. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 77 orang dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 25 siswa kelas III, IV, dan V dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Alat penggali data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Perhitungan Regresi Linier Sederhana didapat hasil Y = 15,818 + 0,377 yang artinya jika tidak ada penggunaan gawai maka perilaku sosial siswa sebesar 15,818, tetapi jika ada penggunaan gawai maka perilaku sosial siswa mengalami peningkatan sebesar 0,377 dan dari perhitungan koefisien determinan adalah perilaku sosial dapat dipengaruhi oleh penggunaan gawai sebesar 16,2% . Adapun pengaruh penggunaan gawai terhadap perilaku sosial siswa ditunjukan dengan r<sub>hitung</sub> = 2,177 dan r<sub>tabel</sub> = 2,068 pada taraf signifikan 5%. Maka, nilai hasil pengujian hipotesis menunjukan nilai r<sub>hitung</sub> 2,177 &gt; r<sub>tabel</sub> = 2,068 yang berarti bahwa hipotesis alternatif (H<sub>a</sub>) yang berbunyi terdapat pengaruh penggunaan gawai terhadap perilaku sosial siswa di SDN Seberang Masjid 1 Kecamatan Banjarmasin Tengah, diterima dan hipotesis alternatif (H<sub>a</sub> ) ditolak.</p> 2021-10-26T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya http://ojs.uvayabjm.ac.id/index.php/pahlawan/article/view/47 KONTRIBUSI PELIBATAN GURU DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN TERHADAP SEMANGAT MENGAJAR GURU 2021-07-29T05:03:26+00:00 Noor Fazariah Handayani norfa.uvaya@gmail.com <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lambannya peningkatan mutu pendidikan di Indonesia, khususnya sebagian Wilayah Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala. Menurunnya nilai kelulusan mungkin terjadi karena beberapa penyebab, di antaranya semangat mengajar guru. Berdasarkan uraian tersebut diadakan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui kotribusi Pelibatan Guru dalam Pengambilan Keputusan terhadap Semangat Mengajar guru SDN se-Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala, dengan populasi sebanyak 294 orang dengan menggunakan teknik <em>proportional random sampling</em> didapat sampel sebanyak 169 orang yang tersebar di 30 sekolah. Data dikumpulkan melalui angket. Instrumen pada angket dilakukan Uji Validitas dan Reliabilitas. Selanjutnya data dianalisis dengan regresi dengan taraf signifikansi 0,05 dan besar kontribusi dari <em>R Square</em>. Hasil analisis regresi diperoleh kesimpulan Terdapat kontribusi yang signifikan Pelibatan Guru dalam Pengambilan Keputusan terhadap Semangat Mengajar guru SDN se-Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala dengan besar koefisien determinasi R<sup>2</sup> (R square) adalah sebesar 0,027 (2,7%) dan termasuk dalam kategori sedang.</p> 2021-10-26T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya http://ojs.uvayabjm.ac.id/index.php/pahlawan/article/view/54 USAHA KEPALA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN BUDAYA SEKOLAH YANG RELIGIUS PADA SMAIT UKHUWAH BANJARMASIN 2021-10-13T05:16:53+00:00 Achmad Fauzi fauzisukses639@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah langkah dan usaha kepala sekolah dalam mewujudkan budaya sekolah yang religius di SMAIT Ukhuwah Banjarmasin, sehingga menjadi sekolah yang berkarakter Islami. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti meliputi; 1) observasi, 2) wawancara, 3) dokumentasi. Data yang terkum- pul dari ketiga metode pengumpulan data tersebut dapat dianalisis untuk mendapatkan temuan penelitian, hal ini dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa usaha kepala SMAIT Ukhuwah Banjarmasin dalam mewujudkan budaya sekolah yang religius, adalah, (1) Membuat konsep dan agenda rutinitas islami di sekolah yang berdampak pada terwujudnya budaya kegiatan religius sekolah. (2) Melibatkan dan menggerakkan semua warga sekolah, yang melingkupi seluruh guru/pendidik, siswa, para staf, kepala sekolah dan semua komunitas sekolah yang terkait dalam mewujudkan budaya religius sekolah, (3) Menggunakan pendekatan religiusitas dan pembiasaan hasanah secara terintegrasi di sekolah yang mencerminkan nilai Ilahiyah, (4) Memberikan keteladanan secara terus menerus kepada semua warga sekolah, (5) Pengawasan dan monitoring secara intensif. </p> 2021-10-26T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya http://ojs.uvayabjm.ac.id/index.php/pahlawan/article/view/41 THE STUDENTS' MISTAKES IN USING SIMPLE PAST TENSE FOR WRITING SHORT SENTENCES 2021-07-28T02:28:23+00:00 Helmi helmi-fkip@uay.ac.id <p>Students’ Mistakes in using simple past tense for writing short sentences at elementary teacher department of faculty of teachers’ training and education of Achmad Yani University. The objective of this study is to analyze the students’ mistakes in writing short sentences based on in simple past tense. The scope of the research is focused on one tenses namely simple past tense. Research method was used in this research is descriptive qualitative method. Based on the result of the research, the researcher could conclude that most of subject or sample of the research did mistakes in misinformation because they write wrong in grammatical form and made the sentences were incorrect.</p> 2021-10-26T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 http://ojs.uvayabjm.ac.id/index.php/pahlawan/article/view/42 PENGARUH PERKEMBANGAN KOGNITIF SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SDN TATAKAN 1 KECAMATAN TAPIN SELATAN KABUPATEN TAPIN 2021-10-18T05:18:20+00:00 Saidah Tunnoor saidahtunnooruay@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui perkembangan kognitif siswa di SDN Tatakan 1 Kecamatan Tapin Selatan Kabupaten Tapin, dan 2) Mengatahui hasil belajar siswa di SDN Tatakan 1 Kecamatan Tapin Selatan Kabupaten Tapin, 3) Mengetahui Pengaruh perkembangan kognitif siswa terhadap hasil belajar siswa di SDN Tatakan 1 Kecamatan Tapin Selatan Kabupaten Tapin. Metode penelitian yang digunakan penelitian ini adalah Metode Deskriptif kuantitatif, subjek dalam penelitian ini adalah siswa di SDN Tatakan 1 Kecamatan Tapin Selatan Kabupaten Tapin dengan jumlah populasi sebanyak 180 siswa sedangkan sampel yang diambil adalah sebagian siswa kelas IV yang berjumlah 30 siswa. Kesimpulan yang telah didapat dalam penelitian ini adalah Perkembangan kognitif siswa di SDN Tatakan 1 Kecamatan Tapin Selatan Kabupaten Ta- pin, yaitu sebagian kecil (30%) perkembangan kognitif siswa dalam kategori tinggi, sebagian kecil (30%) perkembangan kognitif siswa dalam kategori sedang, cukup besar (40%) perkembangan kognitif siswa dalam kategori rendah. Hasil belajar siswa di SDN Tatakan 1 Kecamatan Tapin Selatan Kabupaten Tapin, yaitu sebagi- an terkecil (10%) hasil belajar siswa dalam kategori tinggi, sebagian besar (76,66%) hasil belajar siswa dalam kategori sedang, dan sebagian terkecil sebagian terkecil (13,33%) hasil belajar siswa dalam kategori rendah. Berdasarkan analisis data yang menunjukkan bahwa nilai Fhitung = 4,348 dan Ftabel = 4,20 dengan taraf signif- ikan 5%, maka nilai hasil pengujian hipotesis menunjukkan nilai Fhitung&gt; Ftabel sehingga dapat dibuktikan Ha yang berbunyi artinya bahwa ada pengaruh yang siginifikan antara perkembangan kognitif siswa terhadap hasil belajar siswa diterima.</p> 2021-10-26T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya http://ojs.uvayabjm.ac.id/index.php/pahlawan/article/view/37 IMPLEMENTASI MATA KULIAH PENDIDIKAN PANCASILA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER DI UNIVERSITAS ACHMAD YANI BANJARMASIN 2021-10-18T05:28:05+00:00 Nadya Huda nadyahuda@uvayabjm.ac.id <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana implementasi mata kuliah pancasila ter- hadap pendidikan karakter di Universitas Achmad Yani Banjarmasin. Dalam Penelitian ini teknik pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Subjek penelitian adalah dosen mata kuliah pendidikan Pancasila dan mahasiswa yang mengambil mata kuliah pendidikan Pancasila. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif secara deskriptif dengan menerapkan teknik studi dokumentasi dan wawancara. Pengolahan dan analisis data hasil penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan cara mengkategorikan dan mengklasifikasikannya berdasarkan analisis secara logis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi mata kuliah Pendidikan Pancasila terhadap pendidikan karakter di universitas Achmad Yani Banjarmasin telah disiapkan didukung silabus dan RPS berkarakter yang telah dimodifikasi dengan menambahkan langsung jenis karakter yang ingin dicapai selama kegiatan perkuliahan pada pelaksanaan pem- belajaran mata kuliah pendidikan pancasila sebagai pendidikan karakter di universitas yaitu dosen telah menggunakan berbagai metode, media pembelajaran dan sumber belajar. Evaluasi hasil pembelajaran pendidikan pancasila diketahui dosen hanya memberikan tes tertulis untuk mengukur kemampuan kognitif mahasiswa. Se- dangkan untuk penilaian sikap, tidak dilakukan dosen secara terus menerus.</p> 2021-10-26T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya http://ojs.uvayabjm.ac.id/index.php/pahlawan/article/view/5 PENGARUH KETERLIBATAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI PULAU ALALAK 2021-10-25T04:09:12+00:00 Aditya Hartini adityahartini@uay.ac.id <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterlibatan orang tua terhadap motivasi belajar siswa di SDN Pulau Alalak. Subyek penelitian ini adalah siswa SDN Pulau Alalak, sedangkan obyek pengaruh keterlibatan orang tua terhadap motivasi belajar siswa di SDN Pulau Alalak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Pulau Alalak dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proposive sampling sehingga sampel dalam penelitian ini siswa kelas IV dan V yang berjumlah 53 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan alat penggali data utama yaitu angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan aplikasi SPSS versi 20 untuk mengetahui keterlibatan orang tua dan motivasi. Hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan terdapat keterlibatan orang tua terhadap motivasi belajar siswa di SDN Pulau Alalak dengan t<sub>hitung</sub> =5,442&gt;t<sub>tabel</sub> =1,299 pada tabel signifikan 5%. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi sebesar r<sup>2</sup> =0,377 menunjukan bahwa keterlibatan orang tua sebesar 37,70%, sisanya faktor lain sebesar 62,30%.</p> 2021-10-26T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya http://ojs.uvayabjm.ac.id/index.php/pahlawan/article/view/7 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS LITERASI SAINS BERMUATAN KEARIFAN LOKAL SISTEM PONDASI RUMAH LANTING 2021-10-25T04:29:04+00:00 OKNIEL HERWANDI oknieloknil@gmail.com MAYA ISTYADJI maya_kimia@ulm.ac.id Ratna Yulinda ratna.yulinda@ulm.ac.id <p>Rumah lanting merupakan tempat tinggal tradisional yang berasal dari warga suku Banjar dan terletak di kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan modul IPA berbasis literasi sains bermuatan kearifan lokal pondasi rumah lanting pada materi tekanan zat dan penerapannya pada kehidupan sehari-hari. Tujuan riset pengembangan untuk mendeskripsikan validitas modul IPA berbasis literasi sains bermuatan kearifan lokal pondasi rumah lanting pada modul tekanan zat serta pelaksanaannya dalam kehidupan setiap hari berdasarkan pada evaluasi dari para ahli. Modul yang dikembangkan menggunakan model pengembangan dengan tahapan 4D (<em>define, design, develop, disseminate</em>), namun pengembangan modul hanya dilaksanakan sampai dengan tahap develop dengan validasi dari para ahli. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi modul berbasis literasi sains bermuatan kearifan lokal. Hasil penelitian berdasarkan validasi dari lima aspek menunjukkan sangat valid dengan memperoleh skor dari masing masing aspek: (1) aspek format modul dengan nilai 4,00 kriteria sangat valid, (2) aspek bahasa dengan nilai 3,38 kriteria sangat valid, (3) aspek isi modul dengan nilai 4,00 kriteria sangat valid, (4) aspek penyajian modul dengan nilai 3,88 kriteria sangat valid, (5) aspek literasi sains dengan nilai 3,83 kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan modul IPA berbasis literasi sains bermuatan kearifan lokal pondasi rumah lanting yang dikembangkan dinyatakan valid dan layak untuk digunakan.</p> 2021-10-26T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya http://ojs.uvayabjm.ac.id/index.php/pahlawan/article/view/1 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS LITERASI SAINS PADA TOPIK KESTABILAN SUHU TUBUH MAKHLUK HIDUP DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI KELAS VII SMP 2021-10-25T04:40:20+00:00 RISNAWATI risna0723@gmail.com MAYA ISTYADJI maya_kimia@ulm.ac.id RIZKY FEBRIYANI PUTRI feby.science.edu@ulm.ac.id <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih sulit dan abstraknya topik materi kestabilan suhu tubuh makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari ini, di karenakan topik materi ini masih kurangnya konten muatan literasi sains pada buku ajar yang digunakan peserta didik di sekolah. Maka peneliti melakukan penelitian dan pengembangan bahan ajar IPA berbasis literasi sains pada Topik Kestabilan Suhu Tubuh Makhluk Hidup dalam Kehidupan Sehari-hari kelas VII. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini bermaksud akan mendeskripsikan validitas modul pembelajaran IPA SMP berbasis literasi sains berdasarkan penilaian para ahli atau validator. Modul pembelajaran dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan 4D (<em>Define, Design, Develop, Disseminate</em>), namun tetapi penelitian ini sampai pada tahap validasi pakar (develop) saja. Instrumen yang dipergunakan pada penelitian ini berupa lembar validasi modul pembelajaran berbasis literasi sains. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan data hasil validasi menunjukkan bahwa modul pembelajaran berbasis literasi sains mempunyai tingkat validitas yang sangat baik dilihat dari enam aspek: (1) aspek format modul memperoleh skor 3,84 (2) aspek bahasa memperoleh skor 3,79 (3) aspek isi modul memperoleh skor 3,91 (4) aspek penyajian modul memperoleh skor 3,73 (5) aspek manfaat atau kegunaan modul memperoleh skor 3,83 (6) aspek literasi sains memperoleh skor 3,83. Hasil dari skor ke 6 aspek memiliki kriteria sangat valid dan rata-rata reliabilitas untuk ke 6 aspek yaitu 97%. Berdasarkan rata-rata hasil validasi dan reliabilitas modul tersebut, modul IPA SMP berbasis literasi sains pada topik kestabilan suhu tubuh makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari kelas VII yang dikembangkan oleh peneliti dengan kriteria sangat valid dan layak untuk digunakan.</p> 2021-10-26T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya http://ojs.uvayabjm.ac.id/index.php/pahlawan/article/view/3 PENGEMBANGAN MODUL IPA SMP PADA MATERI SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN BERBASIS LITERASI SAINS 2021-10-25T05:32:25+00:00 MAHDIATI mahdiati13@gmail.com MAYA ISTYADJI maya_kimia@ulm.ac.id SAUQINA sauqina@ulm.ac.id <p>Indonesia pada tahun 2018 berdasarkan hasil PISA berada di peringkat ke-72 dari 77 negara kemampuan literasi sains. Bahan ajar menjadi salah satu indikator rendahnya kemampuan literasi sains. Berlandaskan penelitian sebelumnya, bahan ajar IPA yang ada belum memenuhi literasi sains yang seimbang. Berdasarkan data yang ada rendahnya kemampuan peserta didik dalam hal literasi sains dan komponen pada bahan ajar IPA yang ada tidak memuat literasi sains yang seimbang, khususnya pada modul. Penelitian pengembangan ini bertujuan mengetahui validitas modul IPA berbasis literasi sains. Prosedur penelitian ini dan pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Tessmer. Prosedur penelitian ini dibagi menjadi lima tahap, yaitu <em>Self Evaluation, Expert Review, One to one,Small Group, dan Field Test</em>. Namun, pengembangan ini dibatasi pada tahap Expert Review. Berdasarkan hasil dari tiga validator modul mendapatkan persentase validitas 83,78% yang berarti valid, dan aspek literasi sains pada modul mendapatkan persentase validitas 83,33%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan modul IPA memuat aspek literasi sains valid layak untuk diuji cobakan.&nbsp;</p> 2021-10-26T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2021 Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya