PENGARUH ENDORSER “DEWI SANDRA” TERHADAP PEMBENTUKAN BRAND IMAGE PADA IKLAN PRODUK KOSMETIK WARDAH DI BANJARMASIN

Authors

  • Aulia Rahmah Fakultas Ekonomi Universitas Achmad Yani Banjarmasin

Keywords:

Endorser, Brand Image, Trustworthiness, Expertise, Attractiveness, Respect, Similarity

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh endorser Dewi Sandra yang terdiri dari Trustworthiness, Expertise, Attractiveness, Respect,dan Similarity secara simultan dan parsial berpengaruh terhadap brand image pada iklan produk Kosmetik Wardah di Banjarmasin.Serta untuk mengetahui variabel mana yang paling dominan.Jenis penelitian ini adalah eksplanatori, menggunakan teknik sampel jenuh dengan sampel 60 mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNLAM. Analisis data yang digunakan yaitu uji instrumen penelitian, uji validitas, uji reliabilitas dan regresi linear berganda dengan alat bantu IBM SPSSstatistics 21.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (H1)Endorser Dewi Sandra berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Brand Image melalui variabel yang terdiri dari Trustworthiness, Expertise, Attractiveness, Respect,dan Similarity. (H2) Endorser Dewi Sandra berpengaruh secara parsial terhadap Brand Image hanya variabel Trustworthiness, sedangkan variabel lain yakni Expertise, Attractiveness, Respect,dan Similaritytidak berpengaruh secara parsial terhadap kinerja. (H3) Trustworthiness merupakan variabel paling dominan. Dari hasil ke lima variabel hanya variabel Trustworthiness yang berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Brand Image, dengan demikian hanya variabel ini yang mampu menjelaskan pengaruh terhadap Brand Image.

Published

2018-07-01

How to Cite

Rahmah, A. (2018). PENGARUH ENDORSER “DEWI SANDRA” TERHADAP PEMBENTUKAN BRAND IMAGE PADA IKLAN PRODUK KOSMETIK WARDAH DI BANJARMASIN. Scientific : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Ekonomi, 6(3), 37–47. Retrieved from http://ojs.uvayabjm.ac.id/index.php/scientific/article/view/141