PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN E-COMMERCE SHOPEE INDONESIA
Abstract
Penelitian ini ditunjukan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan pemakai aplikasi e-commerce Shopee Indonesia. Variable yang digunkan dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan (X) dan kepuasan pelanggan (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa kelas reguler Banjarbaru Fakultas Ekonomi Universitas Achmad Yani Banjarmasin sebanyak 40 orang pengguna Shopee Indonesia. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Fakultas Ekonomi Kelas Reguler Banjarbaru Universitas Achmad Yani Banjarmasin sebanyak 40 orang. Tenik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh dimana semua anggota populasi dijadikan sampel. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisa regresi sederhana, dengan rumus persamaan Y = a + bX.
Hasil penelitian menunjukan bahwa uji asumsi klasik dalam penelitian ini memenuhi syarat dilihat dari tidak terjadi uji heteroskedastisitas dan data berdistribusi normal . Persamaan regresi sederhana Y= -10,376 + 0,665X. Hasil uji t diketahui kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Shopee Indonesia, karena taraf signifikan 5% thitung 14,256 > ttabel 2,024. Koefisien determinasi (R Square) sebesar 83,8% yang berarti kemampuan kualitas pelayanan (X) dapat menerangkan kepuasan pelanggan (Y) sebesar 84,2%, sedangkan sisanya 15,8% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian.