Edukasi Gaya Belajar untuk Optimalisasi Prestasi pada Siswa SMK Martapura

Penulis

  • Alpha Ariani
  • Faridah Karyati
  • Nadya Astuti Universitas Achmad Yani Banjarmasin

Kata Kunci:

Belajar Efektif, Gaya Belajar

Abstrak

Tim PKM FKIP Universitas Achmad Yani Banjarmasin telah melakukan edukasi tentang gaya belajar pada siswa SMK Martapura pada tanggal 15 dan 16 Januari 2025. Tujuan PKM ini agar siswa mengetahui tentang macam-macam gaya belajar, strategi belajar dari masing-masing gaya belajar, dan cara belajar yang efektif. Adapun metode yang digunakan untuk kegiatan ini yaitu metode ceramah, tanya jawab,dan diskusi. Kesimpulan kegiatan PKM ini yaitu berhasil atau tidaknya belajar bergantung dari berbagai macam faktor, salah satunya adalah gaya belajar. Oleh karenanya gaya belajar dianggap memiliki peranan penting dalam proses kegiatan belajar mengajar. Ada beberapa gaya belajar yaitu gaya belajar visual, auditori, dan kenistetik. Belajar akan efektif jika siswa mampu menyelaraskan cara belajar dengan gaya belajar yang dimilikinya sehingga prestasinya optimal.

Referensi

Ditmawa. (2024). Teknik Belajar yang Efektif. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Marpaung, J. (2015). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. JurnalKopasta, 82-86.

Silitonga, E. A., S Magdalena, I. (2020). Gaya Belajar Siswa Di Sekolah Dasar Negeri. PENSA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 18-22.

Wiedarti, P. (2018). Pentingnya Memahami Gaya Belajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-19

Cara Mengutip

Ariani, A., Karyati, F., & Astuti, N. (2025). Edukasi Gaya Belajar untuk Optimalisasi Prestasi pada Siswa SMK Martapura. Getek : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 10–17. Diambil dari https://ojs.uvayabjm.ac.id/index.php/getek/article/view/1009