Membangun Personal Branding Untuk Karier Masa Depan
Socialization about Building Personal Branding For Future Career
Kata Kunci:
Personal, Branding, karier, masa depanAbstrak
Personal branding merupakan cara merepresentasikan diri dengan mengeksplorasi potensi-potensi yang dimiliki. Sudah sepatutnya, personal branding yang diciptakan harus jelas, kuat serta atraktif agar seseorang dapat memberikan kesan yang mendalam untuk khalayak publik dengan mudah Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini bertujuan agar dapat Meningkatkan keterampilan non akademik siswa MA Miftahul Khairiyah Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru yaitu pemahaman tentang Building Personal Branding for Future Career. Di samping itu pengabdian ini juga bertujuan agar siswa/i memiliki kemampuan, spirit dan motivasi untuk bersaing baik di dunia kerja atau karir di masa depana dengan membangun personal branding. Metode kegiatan ini adalah penyuluhan dan pelatihan. Tahapan kegiatan adalah 1) persiapan surat menyurat; 2) persiapan materi; 3) penyampaian materi; 4) pembuatan laporan. Berdasarkan hasil dari kegiatan sosialisasi ini, dapat disimpulkan bahwa para siswa telah memahami materi yang diberikan. Dengan menunjukkan suasana yang kondusif dan antusias yang tinggi dari para siswa. Dan dengan keberanian para siswa untuk mengungkapkan kendala dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada narasumber. Saran yang dapat disampaikan bahwa kegiatan membangun personal branding di era digital ini dapat dilakukan dengan melibatkan pihak sekolah sperti guru-guru dan guru bimbingan konseling untuk memberikan pengetahuan cara mengembangkan softskils yang dimiliki oleh setiap siswa. Dan kegiatan seperti dapat dilakukan kembali dengaan melakukan event-event yang diselenggarakan sekolah dengan pihak eksternal yang lebih kompeten.
Referensi
Afrilia, A. M. (2018). Personal branding remaja di era digital. Mediator: Jurnal Komunikasi, 11(1).
Anif., Syaifudin, A., & Sutinnarto. (2023). Membangun Personal Branding Dan Kemampuan Public Speaking Untuk Pengembangan Karir Masa Depan Pemuda. Abdi Makarti Vol. 2 No. 2 .
Anita., B.S., Austin, T., Rozalena, A, & Lisdiana. (2023). Digital Society. Palembang: STISIPOL Candradimuka.
Biro Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Ahmad dahlan. (2024). Crafting an Authentic Personal Brand for Career Success. Diakses dalam https://bimawa.uad.ac.id/wpcontent/uploads/Artikel-Crafting-an-Authentic-
Personal-Brand-for-Career-Success.pdf
Fajri, C. (2023). Create Your Personal Branding For Better Future, Sosialisasi & Asesmen Awal. Yogyakarta 10 Desember 2023.
Haroen, D. (2014). Personal Branding. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Dewi, I.M., Marhamah, F.S., Silvia, Y., & Sari, R.-. (2024). Membangun Personal Branding Di Era Digital Pada Siswa/Siswi Smk Muhammadiyah Pangkalan Balai Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin. Aktivasi: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, Volume 5 Nomor 2.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Adetya Nor Rizkyka, Noor Fazariah Handayani, Nadya Huda

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.