Pengabdian kepada Masyarakat : Pendampingan Persiapan Visitasi Akreditasi MA Al-Irsyad Tengaran 8 Martapura

Penulis

  • Rusdiyana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Achmad Yani Banjarmasin
  • Noor Indah Wulandari Fakultas Sosial dan Humaniora Universitas PGRI Kalimantan

Kata Kunci:

pendampingan, persiapan, visitasi akreditasi

Abstrak

Akreditasi merupakan kegiatan evaluasi mutu sekolah berdasarkan Standar Nasional Pendidikan. Sekolah/Madrasah perlu melakukan persiapan maksimal dalam menghadapi visitasi akreditasi guna mendapatkan hasil sesuai harapan. Tujuan kegiatan Pengabdian kepada masyarakat  ini bertujuan untuk memberikan bimbingan teknis dalam rangka persiapan akreditasi sekolah/madrasah. Metode pengabdian menggunakan teknik pendampingan. Waktu pelaksanaan pendampingan yaitu tanggal 15 dan 16 November 2024. Tempat pelaksanaan di MA Al Irsyad Tengaran 8 Martapura. Kegiatan pendampingan meliputi: 1). Memberikan arahan kepada kepala madrasah dan guru untuk melengkapi dokumen pengembangan kurikulum madrasah, 2). Membantu guru menyusun rencana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, dan 3).  Memberikan arahan kepada kepala madrasah dan guru untuk melengkapi dokumen kepemimpinan kepala madrasah dalam pengelolaan madrasah. Hasil kegiatan pendampingan yaitu tugas pendampingan telah berjalan dengan baik dan madrasah telah melakukan perbaikan dokumen sesuai saran yang diberikan oleh pelaksana kegiatan pengabdian.

Referensi

Acevedo-De-los-Ríos, A., & Rondinel-Oviedo. Impact, added value and relevance of an accreditation process on quality assurance in architectural higher education. Quality in Higher Education 28 No.2 (2022): 186–204. https://doi.org/10.1080/13538322.2021.1977482

Baderiah. Buku Ajar Pengembangan Kurikulum. Penerbit: Kampus IAIN Palopo. (2018).

BAN PDM. PANDUAN AKREDITASI UNTUK ASESOR. (2025). Jakarta: Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.

Eraslan, Ali. “Teachers’ Reflections on the Implementation of the New Elementary School Mathematics Curriculum in Turkey Yeni İlköğretim Matematik Programı Hakkında Öğretmenlerin Görüş ve Değerlendirmeleri.” Journal of Education). Vol. 28, (2013): 152-165. https://dergipark.org.tr/en/download/article-file/87166

Nita Octaria Safitri, Defya Sari, and Subandi. Peran Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Era Digital. Jurnal Media Akademik (JMA) 2 No. 6 (2024): 1-17

Desi Rahmawati, Supadi, Eliana Sari, Madhakomala, Wahyu Sri Ambar Arum, and Heru Santosa. Pendampingan Kepala Sekolah Dalam Mempersiapkan Perangkat Akreditasi, Komponen Mutu Guru Dan Manajemen Sekolah Di Kabupaten Karawang. Jurnal Pitung (2024): 1-9.

Usman, Muhammad Amran, Naufal Qadri Syarif, Iyan, and Nur Ilmi. Pendampingan Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru SD Sekabupaten Barru Dalam Mengembangkan Modul Ajar. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2 No. 4 (2024): 483–491. https://doi.org/10.61231/jp2m.v2i4.302

Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan SNP. Jakarta : Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-19

Cara Mengutip

Rusdiyana, & Wulandari, N. I. (2025). Pengabdian kepada Masyarakat : Pendampingan Persiapan Visitasi Akreditasi MA Al-Irsyad Tengaran 8 Martapura . Getek : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 51–57. Diambil dari https://ojs.uvayabjm.ac.id/index.php/getek/article/view/1070