PEMBERDAYAAN SISWA MELALUI IDENTIFIKASI MINAT

Penulis

  • Helmi FKIP Universitas Achmad Yani Banjarmasin
  • Noor Fazariah Handayani FKIP Universitas Achmad Yani Banjarmasin
  • Saidah Tunnoor FKIP Universitas Achmad Yani Banjarmasin
  • Mahrita FKIP Universitas Achmad Yani Banjarmasin
  • Sulistiani FKIP Universitas Achmad Yani Banjarmasin
  • Marhamah FKIP Universitas Achmad Yani Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.57216/getek.v1i4.722

Kata Kunci:

Pemberdayaan, Identifikasi, Minat

Abstrak

Kegiatan pengabdian ini berfokus pada Siswa Menengah Atas atau MA/SMA Sederajat yang biasanya akan melanjutkan ke perguruan tinggi dengan jurusan yang diinginkannya setelah lulus nanti. Namun, masih ada sekolah maupun orang tua yang belum sepenuhnya mengetahui korelasi antara kesesuaian antara minat dan bakat siswa dengan kecerdasan/keberhasilan studi. Akibat dari kurangnya pengetahuan ini, siswa seringkali tidak mendapatkan arahan yang tepat ketika ingin menentukan jurusan di bangku kuliah. Selain agar berhasil dalam studinya dan tidak mengalami masalah karena salah mengambil jurusan, lebih jauh lagi, dengan mengetahui minat dan bakat dapat membantu siswa untuk memilih jalur karir yang akan ditekuninya nanti setelah lulus. Minat adalah interaksi antara keinginan, harapan, pengalaman atau kebutuhan yang menggerakan seseorang untuk menyukai hal tertentu, sedangkan bakat adalah karakteristik pribadi yang mengarahkan seseorang untuk meraih kesuksesan (Reed & Wolniak, 2005). Pada kegiatan Pengabdian Masyarakat ini, Tim pelaksana dari Dosen dan Mahasiswa melaksanakan Tes Minat RMIB untuk mendapatkan gambaran minat dan Tes Intelegensia Umum (TIU) pada siswa kelas XII MA Sultan Sulaiman Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar. Kegiatan yang dilaksanakan di lingkungan sekolah ini diikuti oleh 37 orang siswa yang mengambil jurusan IPA dan IPS. Luaran dari kegiatan ini berupa gambaran tentang kecerdasan dan minat. Hasil tersebut dapat digunakan oleh siswa, dan pihak sekolah sebagai referensi untuk menentukan jurusan yang akan diambil ketika siswa berkuliah nanti.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-30

Cara Mengutip

Helmi, Handayani, N. F., Tunnoor, S., Mahrita, Sulistiani, & Marhamah. (2023). PEMBERDAYAAN SISWA MELALUI IDENTIFIKASI MINAT. Getek : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 7–17. https://doi.org/10.57216/getek.v1i4.722