PENELUSURAN MINAT UNTUK MERANCANG KARIR MASA DEPAN

Penulis

  • Faridah Karyati FKIP Universitas Achmad Yani Banjarmasin
  • Alpha Ariani FKIP Universitas Achmad Yani Banjarmasin
  • Nurul Huda Fitriani FKIP Universitas Achmad Yani Banjarmasin
  • Rakhmani FKIP Universitas Achmad Yani Banjarmasin
  • Marhamah FKIP Universitas Achmad Yani Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.57216/getek.v2i1.771

Kata Kunci:

Penelusuran, Minat, Karir

Abstrak

PDF

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh Tim PKM FKIP Universitas Achmad Yani Banjarmasin di SMA Muhammadiyah Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar dilaksanakan pada tanggal 16 dan 17 Nopember 2023 dengan tema : Penelusuran Minat Untuk Merancang Karir Masa Depan. Minat mengarahkan individu terhadap suatu obyek atas dasar rasa senang atau ketertarikan. Penelusuran minat penting dilakukan agar tujuan karir dapat difokuskan ke minat yang lebih dominan. Dalam hal ini tes minat dilakukan guna membantu siswa mengenali dan menggali minat yang mereka miliki.Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan salah satu cara untuk mengetahui kemampuan dan minat siswa SMA Muhammadiyah di Kecamatan Karang Intan sebelum masuk ke perguruan tinggi. Adapun metode kegiatan ini adalah penyuluhan dan pelaksanaan tes. Kesimpulan yang bisa diambil dari kegiatan ini yaitu siswa SMA Muhammadiyah Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar mengetahui arah minat yang dimiliki sehingga memudahkan mereka dalam menentukan pilihan jenjang Pendidikan selanjutnya dan juga dapat membantu dalam menentukan karir dikemudian hari.

Referensi

Amanu, M. A. “Manajemen Pengembangan Bakat Minat Siswa Di Mts Al-Wathoniyyah Pedurungan Semarang”. Thesis UIN Walisongo. (2015), 2– 3.

Andrawan, D. “Peran Self Awareness Dalam Memediasi Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas Dan Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Guru”. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1). (2016): 35–43.

Azwar, S. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Fikry, M., Yurisna, D., Permana, I. “Aplikasi Pengecekan LJK Untuk Tes Psikologi RMIB Dengan Operasi Intensity Slicing”. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, Vol. 9. No. 1. (2011): 17-23.

Hanafiah, H. “Implementation Of Character Strengthening In Boarding School Students”. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(2). (2022): 49–54.

Philips, S. Refleksi Karakter Bangsa. Jakarta: Bumi Aksara. 2008.

Sukardi, I ketut Dewa. Analisis Inventor Minat dan Kepribadian. Jakarta : Rieneka Cipta. 1994.

Syaodih, N. Metode Penelitian Penelitian Dan Pengembangan. (2008):184.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-10

Cara Mengutip

Karyati, F., Ariani, A., Fitriani, N. H., Rakhmani, & Marhamah. (2024). PENELUSURAN MINAT UNTUK MERANCANG KARIR MASA DEPAN. Getek : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.57216/getek.v2i1.771