POLITIK HUKUM ISLAM DALAM KONSEP KOMUNIKASI DIPLOMASI ANTAR NEGARA

Penulis

  • Muhammad Mustangin Peradi Kalimanatan Selatan
  • Nuril Khasyi'in Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin

Kata Kunci:

Hubungan Diplomatik, Komunikasi Diplomatik, Ketatanegaraan Islam

Abstrak

Ketatanegaraan Islam mendirikan landasan kerjasama nasional, regional dan juga  internasional. Salah satu cara untuk merajut hubungan internasional dengan cara memulai  dengan komunikasi diplomatik antarnegara. Konsep ini sangat bermanfaat agar terjalin  hubungan antara negara Islam dengan negara-negara non Islam lainnya. Untuk menjalin  hubungan baik antar negara saat itulah diperlukan konsep komunikasi diplomatik yang baik  agar terjalin kerja sama antar negara dengan baik.  

Metode penelitian yang digunakan menggunakan jenis penelitian normatif yaitu  penelitian yang menjadikan norma hukum sebagai kajian utamanya yang dalam penelitian ini  adalah ayat-ayat Al-Quran yang selanjutnya dijadikan sebagai sumber utama kajian penelitian  ini.  

Hasil penelitian menyatakan bahwa masa Rasulullah Saw hubungan diplomatik  direalisasikan dengan adanya Piagam Madinah dan juga Perjanjian Hudaibiyah. Berlanjut  pada masa kekhalifahan dengan mengirim utusan-utusan ke negara lain untuk memperluas  dakwah dan menjalin hubungan baik. Lebih konkrit dengan membuat kantor perwakilan  kedutaan pada masa Turki Usmani. Sebab hubungan diplomatik ini benar-benar ada maka  diperlukan konsep komunikasi yang baik agar terjalin hubungan diplomatik yang baik antar  negara. Konsep komunikasi diplomatik bersumber dari Al-Quran dan Hadis yang dirincikan  dengan enam prinsip yaitu: adil, damai, menghindari peperangan, dakwah yang baik, tidak  memaksakan agama, dan hormat dengan isi perjanjian.  

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-01

Cara Mengutip

Mustangin, M. ., & Khasyi'in, N. . (2023). POLITIK HUKUM ISLAM DALAM KONSEP KOMUNIKASI DIPLOMASI ANTAR NEGARA. Jentera Hukum Borneo, 6(2), 1–12. Diambil dari https://ojs.uvayabjm.ac.id/index.php/jantera/article/view/589

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.