PENGEMBANGAN KAJIAN POLITIK TOKOH KLASIK AL-FARABI

Penulis

  • Nuril Khasyi'in Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Mahrida Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan

Kata Kunci:

Al-Farabi, Pengembangan, Kajian, Tokoh Klasik

Abstrak

Al-Farabi merupakan seorang filsuf Muslim yang secara sistematis dan rinci meletakkan dasar-dasar  filsafat Islam untuk memudahkan pemahaman generasi berikutnya. Pemikirannya dipengaruhi oleh  filsafat Yunani. Menurut Al-Farabi, alam ini terjadi sebagai hasil dari adanya sebab wujud pertama,  yaitu Allah, yang mengalir secara bertingkat dalam bentuk emanasi. Dalam mencari kebenaran, para  filosof menggunakan kekuatan akal, sedangkan para Nabi memperoleh pengetahuan melalui wahyu  yang disampaikan kepada mereka sebagai manusia yang terpilih.  

Penelitian ini menggunakan metode normatif yang mana pengumpulan data dilakukan melalui sumber-sumber  kepustakaan, dengan memahami dan menganalisis tentang konsep negara berdasarkan pendapat dari Al-Farabi  Hasil penelitian menyatakan bahwa, pemikiran Al-Farabi menggambarkan negara utama yang mirip  dengan konsep negara ideal Plato. Pemimpin berperan sebagai penggerak utama masyarakat untuk  mencapai kebahagiaan, seperti kedudukan hati dalam tubuh. Sementara anggota lainnya bertindak  sebagai pembantu yang turut berperan dalam menciptakan kebahagiaan yang dicita-citakan. 

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-01

Cara Mengutip

Khasyi'in, N. ., & Mahrida. (2023). PENGEMBANGAN KAJIAN POLITIK TOKOH KLASIK AL-FARABI. Jentera Hukum Borneo, 6(2), 25–40. Diambil dari https://ojs.uvayabjm.ac.id/index.php/jantera/article/view/594

Terbitan

Bagian

Artikel