Strategi Pemasaran Dengan Analisis SWOT Pada PT. Delta Abadi Sentosa ( Studi Kasus Pada Dealer Suzuki Delta Martapura )
Keywords:
SWOT, Faktor Internal, Faktor EkternalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman
yang ada di Dealer Suzuki Delta Martapura sehingga dapat merumuskan strategi yang tepat
dalam pengambilan keputusan pada kegiatan pemasaran. Analisis ini dilakukan dengan observasi serta wawancara kepada kepala cabang Suzuki Delta Abadi Martapura sebagai sumber yang paling banyak mengetahui keadaan perusahaan. selain observasi dan wawancara, penulis juga memberikan kuesioner terhadap 10 karyawan Dealer Suzuki Delta Martapura sebagai pelengkap untuk penilaian skor Bobot sedangkan penilaian rating dilakukan oleh penulis sendiri berdasarkan obeservasi dan wawancara sehingga dapat ditentukan nilai bobot dan rating untuk tabel EFAS dan tabel IFAS kemudian dapat disimpulkan
stategi dengan matrik SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai skor pada tabel EFAS sebesar 2,47 dimana skor pada
faktor peluang 1,11 dan skor pada faktor ancaman 1,36 sedangkan nilai skor pada tabel IFAS sebesar 2,63 dimana skor pada faktor keluatan 1,41 dan skor pada faktor kelemahan 1,22. Skor tertinggi pada faktor ekternal yaitu ancaman dan skor tertingi pada faktor internal yaitu kekuatan. Walaupun perusahaan memiliki ancaman dari faktor eksternal namun perusahaan masih memiliki kekuatan pada faktor internal sehingga perusahaan berada pada posisi yang stabil.