ANALISIS PENGARUH HARGA TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK OLILACAKES
Keywords:
Harga, Keputusan konsumen, Olilacakes BanjarbaruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan pengaruh harga terhadap keputusan konsumen dalam pembelian Olilacakes Banjarbaru. Metode penelitian yang digunakan ialah pedekatan kuantitatif dengan responden sebanyak 69 orang. Data dikumpulkan dengan cara wawancara terhadap narasumber dan pengisian kuisioner oleh responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dengan berbantukan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam pembelian Olilacakes Banjarbaru. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung hasil uji t sebesar 10,384 dan nilai ttabel sebesar 1,996 yang berarti thitung > ttabel maka dapat di nyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Kemudian, dari penelitian ini diperoleh pula persamaan regresi linier sederhana Y = 7,285 + 0,820X. Adapun nilai R Square sebesar 0,617 yang artinya presentase atau kemampuan variabel harga dapat menerangkan atau menjelaskan variabel keputusan konsumen dalam pembelian Olilacakes Banjarbaru sebesar 61,7% sedangkan sisanya 38,3% dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian ini.