PENGARUH PEMASARAN WISATA PASAR TERAPUNG LOK BAINTAN TERHADAP EKONOMI MASYARAKAT LOKAL DI KECAMATAN SUNGAI TABUK KABUPATEN BANJAR

Authors

  • Muhammad Rizali Fakultas Ekonomi Universitas Achmad Yani Banjarmasin
  • Khairul Tamini Fakultas Ekonomi Universitas Achmad Yani Banjarmasin

Keywords:

Pemasaran, Wisata, Ekonomi Masyarakat

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan membuktikan pengaruh pemasaran wisata terhadap ekonomi masyarakat lokal di Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar. Variabel dalam penelitian ini terbagi atas 2 (dua) yaitu variabel independen pemasaran wisata (X) dan variabel dependen ekonomi masyarakat lokal (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 80 orang. Pengukuran sampel yang dilakukan menggunakan rumus Slovin, maka diperoleh sampel sebanyak 67 orang. Data yang diperoleh dengan mengunakan teknik interview, kuesioner/angket, dan observasi dan data yang berhasil dihimpun dianalisis dengan teknik analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan persamaan Y = 12,666 + 0,364X. Secara parsial pemasaran wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap ekonomi masyarakat, karena pada tingkat signifikan 0,05 nilai ttabel = 1,997 < thitung = 8,398. Koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,520 menunjukkan bahwa pemasaran wisata mampu menjelaskan variabel sebesar 52% terhadap ekonomi masyarakat lokal di Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar, sedangkan 48% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diajukan dalam penelitian ini.

Published

2022-08-14

How to Cite

Rizali, M., & Tamini, K. . (2022). PENGARUH PEMASARAN WISATA PASAR TERAPUNG LOK BAINTAN TERHADAP EKONOMI MASYARAKAT LOKAL DI KECAMATAN SUNGAI TABUK KABUPATEN BANJAR. Scientific : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Ekonomi, 9(2), 18–26. Retrieved from https://ojs.uvayabjm.ac.id/index.php/scientific/article/view/449

Issue

Section

Article Research

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.