PENGARUH LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
Keywords:
Leverage, Company Size, Sales Growth, ProfitabilityAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh leverage, ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini merupakan desain penelitian kausalitas. Data penelitian yang digunakan adalah data sekunder berupa data rasio keuangan, sedangkan sumber data diperoleh melalui situs http://www.idx.co.id. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling sehingga jumlah sampel yang bisa diambil sebanyak 24 perusahaan. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan model regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan bahwa leverage, ukuran perusahaan, dan pertumbuhan penjualan berpengaruh terhadap profitabilitas. Secara parsial leverage berpengaruh terhadap profitabilitas. Ukuran perusahaan berpengaruh terhadap profitabilitas. Pertumbuhan penjualan berpengaruh terhadap profitabilitas.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Khairiyahtul Anwar, Ernawati, Friska Romasi Simamora
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.