ANALISA PERBANDINGAN WAKTU DAN BIAYA PENGGUNAAN PERANCAH KAYU GALAM DAN PERANCAH BESI (SCAFFOLDING) PADA STRUKTUR PEMBANGUNAN PUSKESMAS SUNGAI ANDAI

Penulis

  • Elva Shanty Widuri Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Achmad Yani Banjarmasin
  • Muhammad Isnan Alfitri Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Achmad Yani Banjarmasin

Kata Kunci:

Galam, Scaffolding, Biaya, Waktu

Abstrak

Perancah merupakan salah satu komponen konstruksi pembantu pada pekerjaan pembangunan rumah atau gedung bertingkat. Ketepatan dalam memilih jenis perancah sangat penting agar pekerjaan dapat terlaksana. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pemilihan perancah yang akan digunakan, diantaranya adalah faktor biaya, faktor waktu, faktor keselamatan dan lain sebagainya. Pada penelitian ini akan dihitung biaya penggunaan perancah kayu galam dan perancah besi dalam harga beli dan sewa guna mengetahui jenis perancah mana yang lebih ekonomis untuk digunakan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dan metode komparatif. Lokasi pengambilan data pada pembangunan gedung Puskesmas Sungai Andai Banjarmasin.

Berdasarkan perhitungan dalam luasan 540 m² diperoleh biaya pekerjaan perancah kayu galam sebesar Rp. 104.384.700,00, dan pekerjaan perancah besi dalam harga sewa Rp. 105.840.000,00. Dari hasil tersebut didapat biaya pekerjaan perancah kayu galam 1,37% lebih murah dibanding perancah besi dalam harga sewa. Untuk waktu pemasangan perancah besi lebih cepat 2 hari disbanding perancah galam.

Unduhan

Diterbitkan

15-07-2024