PERSEPSI PENUMPANG TERHADAP KUALITAS PELAYANAN ANGKUTAN FERRY TANJUNG SERDANG-PELABUHAN BATULICIN MENGGUNAKAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA)
Kata Kunci:
Persepsi; Pelayanan; Ferry Tanjung Serdang-Batulicin; IPAAbstrak
Transportasi Ferry memiliki peranan penting dalam menghubungkan Kabupaten Kotabaru menuju ke Batulicin maupun sebaliknya. Ferry banyak diminati dalam segi biaya transportasi yang murah dibandingkan pesawat. Tujuan penelitian adalah menganalisis persepsi penumpang terhadap kualitas pelayanan angkutan Ferry yang menghubungkan Pelabuhan Tanjung Serdang-Pelabuhan Batulicin dengan Importance Performance Analysis (IPA). Metode penelitian adalah survey lapangan. Data yang dikumpulkan meliputi kualitas pelayanan (aspek keselamatan, aspek keamanan, dan aspek kenyamanan), data efektivitas pelayanan (aspek ketepatan jadwal keberangkatan, dan lamanya waktu perjalanan). Pengambilan sampel data responden dilaksanakan pada tanggal 09-11 Maret 2024, dengan pembagian waktu pada pagi hari (07.00 WITA-09.00 WITA), siang hari (12.00 WITA-14.00 WITA), dan pada sore hari (16.00 WITA -18.00 WITA). Aspek Pelayanan Transportasi Ferry Pelabuhan Tanjung Serdang-Pelabuhan Batulicin memiliki batas tolok ukur keputusan sebesar (80,8%), meliputi aspek keselamatan, aspek kenyamanan ruang tunggu, kenyamanan fasilitas lampu dan kenyamanan kantin dengan nilai tingkat kesesuaiannya diatas 80,8% (cukup puas), sedangkan aspek keamanan, kenyamanan ruang tunggu, fasilitas toilet, kenyamanan fasilitas tempat ibadah dan kenyamanan tempat ibu dan anak sebesar 77,5% (perlu dilakukan action perbaikan).