Pengaruh Net Profit Margin, Total Asset Turnover dan Current Ratio Terhadap Return On Asset pada PT. Adaro Energy (Persero), TBK

Authors

  • Jumiati Fakultas Ekonomi Universitas Achmad Yani Banjarmasin
  • Rahmida Fakultas Ekonomi Universitas Achmad Yani Banjarmasin

Keywords:

Net Profit Margin, Total Asset Turnover, Current Ratio, Return On Asset

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan pengaruh Net Profit Margin, Total Asset Turnover dan Current Ratio terhadap Return on Asset pada PT. Adaro Energy (Persero), Tbk, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan tiga variabel bebas yaitu Net Profit Margin, Total Asset Turnover dan Current Ratio. Variabel terikat dalam penelitian ini menggunakan Return on Asset.  Sumber data yaitu data sekunder. dilakukan dengan teknik dokumentasi dan studi pustaka. Populasi adalah seluruh laporan keuangan PT. Adaro Energy (Persero), Tbk yang tercatat di Bursa Efek Indonesia periode 2008-2020. Sampel adalah laporan keuangan keuangan PT. Adaro Energy (Persero), Tbk berupa neraca dan laporan laba rugi periode 2011-2020. Teknik pengukuran sampel pada penelitian ini menggunakan nonprobability sampling dengan teknik penentuan sampelnya menggunakan purposive sampling dengan regresi linear berganda.  Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi Y= -0,059 + 0,477X1 + 0,126X2 - 0,001X3. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Net Profit Margin dan Total Asset Tunrover berpengaruh terhadap Return on Asset pada PT. Adaro Energy (Persero), Tbk secara parsial. Sedangkan Current Ratio secara parsial tidak berpengaruh terhadap Return on Asset pada PT. Adaro Energy (Persero), Tbk. Secara simultan menunjukan Net Profit Margin, Total Asset Turnover dan Current Ratio berpengaruh terhadap Return on Asset pada PT. Adaro Energy (Persero), Tbk. Nilai koefisien determinasi yang diperoleh dalam penelitian sebesar  0,986 hal ini menunjukan bahwa besarnya persentase sumbangan Net Profir Margin, Total Asset Turnover dan Current Ratio secara bersama-sama berpengaruh terhadap Return on Asset sebesar 98,6% sedangkan sisanya 1,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

References

Alimunir, H., Ervyna dan Irma, M. (2021). Pengaruh Current Ratio, Debt To Equity Ratio, Total Asset Turnover dan Sales Growth Terhadap Return on Asset Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman Yang Tedaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019. Jurnal Bisnis Terapan. Vol.1 No. 1. (http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/lucrum/index, diakses 4 feb-ruari 2022).

Anismadiah, Vega dan Tita, I. (2021). Pengaruh Net Profit Margin Dan Total Asset Turnover Terhadap Return on Asset Pada PT. Gajah Tunggal, Tbk Periode 2010-2019. Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang. Vol. 9 No. 2. (http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/kreatif, diakses 30 januari 2022).

Fahmi, Irham. (2018). Pengantar Manajemen Keuangan Teori Dan Soal Jawaban. Bandung: Alfabeta

Ginting, Wenny. A. (2018). Analisis Pengaruh Current Ratio, Working Capital Turnover, dan Total Asset Turnover Terhadap Return on Asset. Jurnal Ilmiah. Vol.15 No. 2. (http://journal.stieamm.ac.id/index.php/valid/article/view/73, diakses 30 Januari 2022).

Kasmir. (2010). Pengantar Manajemen Keuangan. Edisi 2. Jakarta: Prenadamedia Group.

Kasmir. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Edisi 1. Jakarta: Rajawali Pers.

Mulyawan, Setia. (2015). Manajemen Keuangan. Bandung: Pustaka Setia.

Ningrum, P. N dan Ifa, N. (2021). Pengaruh Current Ratio, Total Asset Turnover dan Net Profit Margin Terhadap Return on Asset (PT. Wilma Cahaya Indonesia, Tbk. 2010-2019). Jurnal SEKURITA (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi). Vol. 14 No. 3. (http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/SKT/article/view/9294, diakses 29 Januari 2022).

Priyatno, Duwi. (2010). Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian Dengan SPSS. Gava Media, Yogyakarta.

Rambe, Ihsan., Arif, M dan Tupti, Z. (2021). Pengaruh Current Ratio, Debt To Equity Ratio, dan Total Asset Turnover Terhadap Return on Asset Pada Perusahaan Sub Sektor Adver-tising, Printing and Media Yang Terdaftar di Bursa Efek Indoesia. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisni. Vol. 21 No. 2. (http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/akuntan, diakses 29 januari 2022).

Sanusi, Anwar. (2011). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Sawir, Agnes. (2018). Analisis Kinerja Keuangan Dan Perncanaan Keuangan Perusahaan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sipahutar, R. P dan Surya, Sanjaya. (2019). Pengaruh Current Ratio dan Total Asset Turnover Terhadap Return On Asset Pada Perusahaan Restoran, Hotel Dan Pariwisata yang Ter-daftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis. Vol. 19 No. 2. (http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/akuntan, diakses 29 januari 2022).

Sugiyono. (2012). METODE PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. bandung: alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. (2015). SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Perss.

Sujarweni, V. Wiratna. (2019). Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Pustaka Baru Perss.

Sujarweni, V. Wiratna. (2019). Statistik untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Perss.

Sujarweni, V. Wiratna. (2020). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Perss.

Referensi:

PT. Adaro Energy (Persero), Tbk (https://www.adaro.com, diakses 26 Januari 2022).

Bursa Efek Indonesia (https://www.idx.co.id, diakses 26 Januari 2022).

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Jumiati, & Rahmida. (2022). Pengaruh Net Profit Margin, Total Asset Turnover dan Current Ratio Terhadap Return On Asset pada PT. Adaro Energy (Persero), TBK. Scientific : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Ekonomi, 9(3), 68–84. Retrieved from https://ojs.uvayabjm.ac.id/index.php/scientific/article/view/529

Issue

Section

Article Research

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.