Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PAI Di SDN Warungbambu II

Penulis

  • Bayu Novandi* Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Singaperbangsa, Karawang, Indonesia
  • Oyoh Bariah Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Singaperbangsa, Karawang, Indonesia
  • Makbul Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Singaperbangsa, Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.57216/pah.v20i2.806

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5),, Minat Belajar, Pendidikan Agama Islam

Abstrak

Minat belajar adalah faktor penting yang mempengaruhi hasil belajar dan memotivasi siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Model Pembelajaran Projeck Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) efektif meningkatkan minat belajar dengan menggabungkan unsur penyelesaian projeck – projeck yang ada, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan dinamis. P5 mendorong partisipasi aktif, kerja sama, dan persaingan sehat, sehingga meningkatkan minat belajar siswa.  Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui penggunaan Model Pembelajaran P5 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Warungbambu  II, 2) Untuk mengetahui Minat Belajar siswa di SDN Warungbambu II, dan 3) Untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran P5 terhadap Minat Belajar  siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Warungbambu II. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode korelasi. Sampel terdiri dari 40 responden dari populasi 195 orang, dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi, lalu dianalisis menggunakan analisis data deskriptif dan inferensial.  Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan: 1) Gambaran Model Pembelajaran P5 sebagian besar berada dalam kategori sedang 28 responden (70%), 2) gambaran minat belajar pada pendidikan agama islam peserta didik di SDN Warungbambu II sebagian besar berada pada kategori sedang 23 responden (57,5%), dan 3) Model Pembelajaran P5 mempunyai pengaruh terhadap minat belajar pada Pendidikan Agama Islam peserta didik di SDN Warungbambu II Karawang. Hal ini dapat dilihat bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 atau H0 ditolak dan Ha diterima. Pengaruh Model Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap minat belajar adalah sebesar 45,9%.

 

Referensi

Ariani, N., Masruro, Z., Saragih, Z. S., Hasibuan, R., Simamora, S. S., & Toni. (2022). Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. In Rismawati (Ed.), Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. Widina Bhakti Persada Bandung. https://doi.org/10.21070/2022/978-623-464-043-4

Darna, N., & Herlina, E. (2018). Memilih metode penelitian yang tepat: bagi penelitian bidang ilmu manajemen. 5(April), 287–292.

Dedih, U., Zakiyah, Y. Qi., & Melina, O. J. (2019). Perhatian Orang Tua Dalam Pendidikan Keagamaan Anak Di Rumah Hubungannya Dengan Perilaku Mereka Di Lingkungan Sekolah. 8(1).

Fajriansyah, I., Syafi’i, I., & Wulandari, H. (2023). Pengaruh Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap Sikap Mandiri Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1570–1575. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1612

Habe, H., & Ahiruddin, A. (2017). Sistem Pendidikan Nasional. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 2(1), 39–45. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48

Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5 (2), 138-151.

Lembong, J. M., Lumapow, H. R., & Rotty, V. N. J. (2023). Implementasi Merdeka Belajar Sebagai Transformasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 765–777. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4620

Linton, J. D., Klassen, R., Jayaraman, V., Walker, H., Brammer, S., Ruparathna, R., Hewage, K., Thomson, J., Jackson, T., Baloi, D., Cooper, D. R., Hoejmose, S. U., Adrien-Kirby, A. J., Sierra, L. A., Pellicer, E., Yepes, V., Giunipero, L. C., Hooker, R. E., Denslow, D., … Anane, A. (2020).

Maduratih, K., & Bakhtiar, A. M. (2024). Penerapan Model PjBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar P5 dengan Media Papan Pintar Kelas II SD. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 606–612. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.842

Makbul, M. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Pai Peserta Didik Sma Pondok Pesantren Modern Darul Falah Enrekang. Skripsi, 6–63.

Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Salinan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. 112.

Mukin, A. F., Febrianty Mukin, A., Setiani, Y., Girsang, M., Dinda, S., Maharani, A., & Pius, I. (2024). Pengaruh P5 Terhadap Efektifitas Pembelajaran Pendidikan Keagamaan Katolik Di SMPK Celaket 21. Jurnal Pendidikan …, 2(1), 75–90. https://doi.org/10.59581/jpat.widyakarya.v2i1.2078

Nasution, S. R. M. (2017). Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Studi Multidisipliner: Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 127–146. https://doi.org/10.24952/multidisipliner.v4i2.932

Nuril Lubaba, M., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3), 687–706. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.576

Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2022). Analisis Capaian Siswa Indonesia Pada PISA dan Urgensi Kurikulum Berorientasi Literasi dan Numerasi. EDUPEDIKA Jurnal Studi Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 11.

Rahmani, A. P. (2021). Penerapan Metode Blended learning untuk Meningkatkan Minat BelajarPeserta didik Selama Masa Pandemi Covid-19. EduBase : Journal of Basic Education, 2(2), 60.

Rahmawati, E., Wardhani, N. A., & Ummah, S. M. (2023). Pengaruh Proyek Profil Pelajar Pancasila terhadap Karakter Bernalar Kritis Peserta Didik. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 614–622. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4718

Rahmi, I., Nurmalina, N., & Fauziddin, M. (2020). Penerapan Model Role Playing Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 2(1), 197–206. https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1164

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian (Effendy Am). Cipta Media Nusantar.

Saat, S., & Mania, S. (2020). Pengantar Metodologi Penelitian Panduan Bagi Peneliti Pemula (Muzakkir (ed.)). Pusaka Almaida.

Saputri, I. D., Siswanto, J., & Sukamto. (2022). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 2(02), 427–436. https://doi.org/10.47709/jpsk.v2i02.1797

Sartika, S. B., Untari, R. S., Rezania, V., & Rochmah, L. I. (2022). Belajar Dan Pembelajaran. file:///C:/Users/Acer/Downloads/1315-Article Text-6388-1-10-20230712.pdf

Sipaami. (2015). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Kabupaten Majene. 3(April), 49–58.

Sitti, H. (2019). Pendidikan Estetika Dan Karakter Peduli Lingkungan Sekolah. Jurnal Serambi Ilmu, 20(1), 97. https://doi.org/10.32672/si.v20i1.997

Susanti, D. (2018). Pengembangan Pendidikan Agama Islam. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 63–75. https://doi.org/10.33650/edureligia.v1i2.46

UNDANG UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. (2003). No

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1), 2896–2910.

Zainuri, Ah. (2023). Manajemen Kurikulum Merdeka. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.

Diterbitkan

2024-10-01

Cara Mengutip

Novandi, B., Bariah, O., & Makbul. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PAI Di SDN Warungbambu II. Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 20(2), 225–239. https://doi.org/10.57216/pah.v20i2.806

Terbitan

Bagian

Artikel