Indeks Kepuasan Masyarakat atas Layanan BPKB pada Ditlantas Polda Kalimantan Selatan

Authors

  • Muhammad Rizali Fakultas Ekonomi Universitas Achmad Yani Banjarmasin

Keywords:

Kepuasan Masyarakat, Layanan BPKB

Abstract

Pada tanggal 22 Nopember 2007, Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah (Ditlantas Polda) Kalimantan Selatan berhasil meraih sertifikasi ISO 9001:2000 dari Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia (MenPAN
RI) dan Biro Veritas Certificate (BVC) Indonesia. Hal ini berarti bahwa standar pelayanan BPKB pada Ditlantas Polda Kalimantan Selatan masuk kualifikasi Internasional. Penghargaan lain diperoleh kembali dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) pada tanggal 9 Januari 2008 atas Perolehan Sertifikat ISO 9001:2000 Tercepat pada Instansi Pemerintah di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai indeks kepuasan masyarakat pada unit pelayanan BPKB Ditlantas Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan dan untuk
menganalisis prinsip manajemen mutu yang dominan berhubungan dengan persepsi kepuasan pelanggan. Dimensi kualitas jasa yang dianalisis dalam penelitian ini adalah 9 (sembilan) prinsip pelayanan BPKB berdasarkan manajemen mutu pada Ditlantas Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan terdiri atas: Tanggung jawab, Akurasi, Keamanan, Kemudahan Akses, Kenyamanan, Kelengkapan Sarana dan Prasarana, Kepastian Waktu, Kejelasan dan Kesederhanaan. Jenis penelitian ini menggunakan exploratory research dengan metode penelitian survei. Pengolahan data diawali dengan pengujian validitas instrumen kuesioner yang menggunakan perhitungan statistik dan uji reliabilitas menggunakan metode Alpha Cronbach. Dilanjutkan dengan penghitungan Rata-rata Skor Kinerjanya
(RSK), Faktor Tertimbang (FT) hingga Skor Tertimbang (ST) yang bermuara ditemukannya nilai indeks kepuasan. Hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan, bahwa unit pelayanan BPKB Ditlantas Polda Kalimantan Selatan telah memuaskan pelanggannya dengan nilai Indeks Kepuasan sebesar 80,89 % dengan Prinsip yang dominan memberikan tingkat persepsi kepuasan tertinggi adalah pada kinerja X4 yaitu Kemudahan Akses dengan nilai Skor Tertimbang sebesar 0,4361.

Published

2017-07-01

How to Cite

Rizali, M. (2017). Indeks Kepuasan Masyarakat atas Layanan BPKB pada Ditlantas Polda Kalimantan Selatan. Scientific : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Ekonomi, 1(1), 65–80. Retrieved from https://ojs.uvayabjm.ac.id/index.php/scientific/article/view/143

Issue

Section

Article Research

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.