PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA GAS LPG 3 KG DI PANGKALAN ARBAIN TATAH MAKMUR KABUPATEN BANJAR
Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan PelangganAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada gas LPG 3 kg di Pangkalan Arbain Tatah Makmur Kabupaten Banjar. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan sumber data yaitu primer dan sekunder. Populasi dalam penelitian sebesar 140 pelanggan pada tahun 2021. Berdasarkan perhitungan menggunakan rumus slovin yaitu 104 pelanggan, teknik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Analisis data yang digunakan menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier sederhana, pengujian hipotesis dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi yaitu Y = 11,018 + 0,618X. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan, hasil perhitungan uji t bahwa kualitas pelayanan (X) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y), menunjukkan nilai thitung 12,322 lebih besar dari nilai ttabel 1,983. Berdasarkan tabel hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai R Square menunjukkan angka 0,598 artinya kemampuan variabel kualitas pelayanan dapat menjelaskan variabel kepuasan pelanggan pada gas LPG 3 kg di Pangkalan Arbain sebesar 59,8% sedangkan sisanya 40,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Aulia Rahmah, Yunita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.