HUBUNGAN PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP PERILAKU SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 BANJARMASIN
DOI:
https://doi.org/10.57216/pah.v17i2.156Kata Kunci:
Pendapatan Orang Tua; PerilakuAbstrak
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada hubungan antara pendapatan orang tua terhadap perilaku siswa di SMA Negeri 12 Banjarmasin. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif korelasi. Penelitian korelasi bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2 di SMA Negeri 12 Banjarmasin yang ber- jumlah 30 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik total sampling atau sampling total. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah bahwa tingkat pen- dapatan orang tua di kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 12 Banjarmasin dalam kategori sendang dan rendah, terdapat hubungan sangat rendah yang bersifat negatif antara pendapatan orang tua dengan perilaku siswa dan hipotesis yang didapatkan yaitu tidak ada hubungan antara pendapatan orang tua terhadap perilaku siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Banjarmasin. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan bahwa r hitung = -0,097 lebih kecil daripada r tabel = 0,361 pada taraf signifikan 5% dan t hitung = -0,515 lebih kecil daripada t tabel = 1,701 pada taraf signifikan 5% untuk uji satu pihak, sehingga dapat dibuktikan bahwa hipotesis nol (H0) tidak ada hubungan antara pendapatan orang tua terhadap perilaku siswa dinyatakan diterima.
Referensi
Arikunto, S. (2014). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta.
Bahrin. (2016). Hubungan tingkat pendapatan orang tua dengan prestasi belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Lasalimu Selatan (Skripsi). Semarang (ID): Universitas Negeri Semarang.
Departemen Pendidikan Nasional. Pengertian perilaku. Diakses dari: http://www.depdiknas.go.id/ pada 13 Desember 2020.
Kasmadi & Siti Sunariah Nia. (2014). Panduan modern penelitian kuantitatif. Alfabeta, Bandung.
KBBI. Pengertian pendapatan. Diakses dari: https://kbbi.web.id/dapat. Pada tanggal 13 Maret 2021.
KBBI. Pengertian perilaku. Diakses dari: https://kbbi.web.id/perilaku. pada 14 Maret 2021.
KBBI. Pengertian siswa. Diakses dari: https://kbbi.web.id/siswa. pada 18 Maret 2021
Khodijah, S. & Yeti Nurizzati. (2018). Dampak penggunaan teknologi informasi dan komunikasi terhadap perilaku sosial siswa di MAN 2 Kuningan. Jurnal edueksos. 7 (2). Diakses dari: https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/edueksos/article/view/3370/202 4. Pada 19 Maret 2021.
Kholid, A. (2012). Promosi kesehatan dengan pendekatan teori perilaku, media dan aplikasinya. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Muncarno. (2016). Statistik pendidikan. Lampung: Arthawarna.
Nawi, R. (2017). Perilaku kebijakan organisasi. Bandung: Eksis Media Grafisindo.
Ningrum, M. R. C. (2019). Hubungan pendapatan orang tua dan pola asuh orang tua dengan perilaku bullying peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Metro Pusat (Skripsi). Lampung (ID): Universitas Lampung.
Nurjannah, S. L. (2014). Hubungan antara status sosial ekonomi dengan motivasi orang tua menyekolahkan anak di Paud Smart kid dan Paud Sahabat Ananda Kecamatan Dau (Skripsi). Malang (ID): Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Permendikbud nomor 6 tahun 2019. Pedoman organisasi dan tata kerja satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Pasal 1(6). Diakses dari: https://websiteedukasi.com/permendi kbud-nomor-6-tahun-2019.html. Pada 18 Maret 2021.
Putro, K. Z. (2017). Memahami ciri dan tugas perkembangan masa remaja. Ap- likasia: Jurnal aplikasi ilmu-ilmu Agama. 17(1). Diakses dari: http://ejournal.uinsuka.ac.id/pusat/aplikasia/article/viewFi le/1362/1180. Pada 18 Maret 2021.
Rohmah, E. N. (2019). Pengaruh tingkat pendapatan dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar IPS kelas V SDN Putra Serang 2 Wonosegoro Boyolali (Skripsi). Semarang (ID): Universitas Semarang.
Sari, R. (2016). Hubungan pendapatan orang tua siswa dengan hasil belajar IPS di SDN Gugus 4 Sukowati Kabupaten Sragen (Skripsi). Semarang (ID): Universitas Negeri Semarang.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Tati'ah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.