Peran Guru Agama Islam Dalam Bimbingan Dan Konseling Siswa Di SDN Berangas 1 Kecamatan Alalak
DOI:
https://doi.org/10.57216/pah.v17i2.18Kata Kunci:
Guru Agama Islam; Bimbingan dan KonselingAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Bimbingan Dan Konseling Siswa di SDN Berangas 1 Kecamatan Alalak. Metode yang digunakan dalam penelitian metode kualitatif yang berlokasi di SDN Berangas 1 dengan subjek penelitian Guru PAI, Wali Kelas, dan 5 Peserta Didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yaitu menggunakan trianggulasi. Berdasarkan hasil penelitian tentang peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam bimbingan dan konseling siswa di SDN Berangas 1 Kecamatan Alalak, menyimpulkan bahwa : 1) Guru pendidikan Agama Islam sangatlah berperan penting dalam membimbing peserta didik dalam membangun karakter peserta didik agar menjadi anak yang bertanggung jawab, berakhlak karimah, menangani permasalahan peserta didik yang berhubungan dengan moral, spiritual, yang sesuai dengan adab dan norma-norma dalam agama islam. 2) Dalam bimbingan dan konseling siswa di SDN Berangas 1 bahwa peranan Guru Agama hanya berperan dalam membantu Wali Kelas di sekolah dalam penanganan kasus permasalahan yang berhubungan dengan Agama Islam seperti bertanggung jawab dan berakhlak karimah.
Referensi
Agustina, N. (2018). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: Deepublish.
Aziz, A. (2010). Orientasi Sistem Pendidikan Di Sekolah. Yogyakarta: Teras.
Minart, S. (2018). Ilmu Pendidikan Islam: Fakta Teoritis-Filosofis, dan Aplikatif-Normatif. Jakarta: Amzah.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R & D.Bandung : Penerbit Alfabeta.
Sukardi, D.K. (2008). Pengantaran Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Wardati dan Mohammad Jauhar. (2011). Implemensi Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Hartati
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.