KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH ADIWIYATA DI SDN 1 LANDASAN ULIN SELATAN BANJARBARU
DOI:
https://doi.org/10.31605/pah08ss2jp258Kata Kunci:
Adiwiyata, Kepala Sekolah, KepemimpinanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis langkah langkah kepala sekolah dalam wewujudkan sekolah adiwiyata sehingga menjadi sekolah yang ramah lingkungan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam (in depth interview) (2) observasi partisipan (participant observation); dan (3) studi dokumentasi (study documents). analisis data, dilakukan dengan cara mereduksi, mendisplay, dan memverifikasi data. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa SDN 1 Landasan Ulin Selatan Banjarbaru, adalah, (1) Menciptakan lingkungan sehat yang mendukung susana belajar yang kondusip, (2) melibatkan semua pihak untuk kesiapan adiwiyata, (3) membentuk tim adiwiyata dengan semua elemen dan serta mengajak komunitas sekolah,, (4) menyediakan sarana prasarana untuk mendukung pembelajaran lingkungan hidup di sekolah serta memelihara sarana dan prasarana sekolah yang ramah lingkungan, (5) menumbuhkan sikap dan karakter peduli lingkungan pada guru, peserta didik, dan semua komunitas sekolah, (6) memberikan, menambahkan reward and punishment untuk meningkatkan motivasi dalam mengembangkan karakter peduli lingkungan bagi semua warga sekolah