Implementasi Mata Kuliah Pendidikan Pancasila Terhadap Pendidikan Karakter Di Universitas Achmad Yani Banjarmasin

Penulis

  • Nadya Huda Universitas Achmad Yani Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.57216/pah.v17i2.37

Kata Kunci:

Pendidikan Pancasila; Pendidikan Karakter

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana implementasi mata kuliah pancasila ter- hadap pendidikan karakter di Universitas Achmad Yani Banjarmasin. Dalam Penelitian ini teknik pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Subjek penelitian adalah dosen mata kuliah pendidikan Pancasila dan mahasiswa yang mengambil mata kuliah pendidikan Pancasila. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif secara deskriptif dengan menerapkan teknik studi dokumentasi dan wawancara. Pengolahan dan analisis data hasil penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan cara mengkategorikan dan mengklasifikasikannya berdasarkan analisis secara logis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi mata kuliah Pendidikan Pancasila terhadap pendidikan karakter di universitas Achmad Yani Banjarmasin telah disiapkan didukung silabus dan RPS berkarakter yang telah dimodifikasi dengan menambahkan langsung jenis karakter yang ingin dicapai selama kegiatan perkuliahan pada pelaksanaan pem- belajaran mata kuliah pendidikan pancasila sebagai pendidikan karakter di universitas yaitu dosen telah menggunakan berbagai metode, media pembelajaran dan sumber belajar. Evaluasi hasil pembelajaran pendidikan pancasila diketahui dosen hanya memberikan tes tertulis untuk mengukur kemampuan kognitif mahasiswa. Se- dangkan untuk penilaian sikap, tidak dilakukan dosen secara terus menerus.

Referensi

Awaliyah, G & Maharani, E. (2018). Ini Tantangan Perguruan Tinggi menurut Menristekdikti [Online]. Tersedia di https://www.republika.co.id/berita/pe ndidikan/duniakampus/18/06/07/ p8ctn4335-ini-tantangan-perguruan- tinggi-menurutmenristekdikti. Di akses 22 Agustus 2020.

Budiningsih, A. (2004). Pembelajaran moral: Berpijak pada karakter siswa dan budayanya. Jakarta: Rineka Cipta

Depdiknas. (2013). UU Sisdiknas edisi terbaru. Bandung: Fokusindo Mandiri .

Dhiu, KD & Bate, N. 2017. Pentingnya Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi: Kajian Teoritis Praktis: 2nd Annual Proceesding STKIP Citra Bakti Bajawa NTT, hlm. 172-176.

Hasanah, (2013). Implementasi Nilai-Nilai Karakter Inti di Perguruan Tinggi: Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun III, No. 2, hlm. 186-195.

Mansir, F. (2017). Model Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi Islam. (Disertasi). SPS UIN Syarief Hidayatullah Jakarta.

Ristekdikti. (2016). UU No. 20 Tahun 2012. Jakarta : Sumberdaya Ristekdikti.

Ristekdikti. (2016). Surat Edaran: Bahan ajar mata kuliah wajib umum. Jakarta. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan.

Unduhan

Diterbitkan

2021-10-26

Cara Mengutip

Huda, N. (2021). Implementasi Mata Kuliah Pendidikan Pancasila Terhadap Pendidikan Karakter Di Universitas Achmad Yani Banjarmasin. Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 17(2), 89–94. https://doi.org/10.57216/pah.v17i2.37

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.