Usaha Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Budaya Sekolah Yang Religius Pada Smait Ukhuwah Banjarmasin
DOI:
https://doi.org/10.57216/pah.v17i2.54Kata Kunci:
Kepala sekolah; Budaya ReligiusAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah langkah dan usaha kepala sekolah dalam mewujudkan budaya sekolah yang religius di SMAIT Ukhuwah Banjarmasin, sehingga menjadi sekolah yang berkarakter Islami. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti meliputi; 1) observasi, 2) wawancara, 3) dokumentasi. Data yang terkum- pul dari ketiga metode pengumpulan data tersebut dapat dianalisis untuk mendapatkan temuan penelitian, hal ini dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa usaha kepala SMAIT Ukhuwah Banjarmasin dalam mewujudkan budaya sekolah yang religius, adalah, (1) Membuat konsep dan agenda rutinitas islami di sekolah yang berdampak pada terwujudnya budaya kegiatan religius sekolah. (2) Melibatkan dan menggerakkan semua warga sekolah, yang melingkupi seluruh guru/pendidik, siswa, para staf, kepala sekolah dan semua komunitas sekolah yang terkait dalam mewujudkan budaya religius sekolah, (3) Menggunakan pendekatan religiusitas dan pembiasaan hasanah secara terintegrasi di sekolah yang mencerminkan nilai Ilahiyah, (4) Memberikan keteladanan secara terus menerus kepada semua warga sekolah, (5) Pengawasan dan monitoring secara intensif.
Referensi
Abdul Majid, & Dian Andayani. (2012). Pendidikan Karakter perspektif Islam, Bandung: PT. Remaja Rosada Karya.
Bogdan, R.C., & Biklen, S. K,. (1982). Qualitative Research for Educatioan: An Intro- duction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon.
Fauzi. Achmad. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah (Sebuah Konsep, Teori dan Aplikasinya di Sekolah Yogyakarta: Penerbit K-Media.
Ancok dan Suroso. 2001. Psikologi Islami. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Penerbit : Alfabeta.
Miles, M. B. and Hubberman, A.M. (1992). Analisis Data Kualitatif Tentang Metode- metode Baru. Terjemahan, Tjejep Rohidi. Jakarta: UI-Press.
Fauzi, A. (2018). Adm dan Supervisi Pendidikan. Layanan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Serta Membangun Profesionalisme Guru dan Pengawas Sekolah. Yogyakarta: KMedia.
Mulyasa. (2012). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
E. Mulyasa. (2005). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhaimin. (2002). Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Sahlan, Asmaun. (2010). Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah. Malang: UIN Maliki Press.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Achmad Fauzi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.