Penerapan Project Based Learning Dalam Meningkatkan Ketuntasan Hasil Belajar Remedial Matematika Materi Aljabar Dan Geometri Untuk Kelas XII Pada SMA Swasta Islam Terpadu Babussalam Tahun Pelajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.57216/pah.v19i1.562Kata Kunci:
Project Based Learning, Aljabar, Geometri, RemedialAbstrak
Penelitian yang dilaksanakan adalah Penerapan Project Based Learning Dalam meningkatkan Ketuntasan Hasil Belajar Remedial Matematika Materi Aljabar dan Geometri untuk kelas XII Pada SMA Swasta Islam Terpadu Babussalam Tahun Pelajaran 2022/2023. Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XII dengan teknik sampel total pada tahun pelajaran 2022/2023 dengan materi Aljabar dan Geometri yang menjadi bahan penelitian karena pada materi ini sudah di ajarkan dari kelas X dan XI namun masih saja kesulitan di alamai siswa kelas XII, Dengan pemberian pembelajaran yang dilaksanakan dalam dua siklus, diperoleh hasil Berdasarkan hasil pembelajaran yang dilakukan tindakan pembelajaran dengan metode Projec Based Learning dari siklus 1 diperoleh nilai rata-rata 73,66 dengan ketuntasan 68%. Kemudian dilakukan analisa kendala yang di hadapi dalam pembelajaran dilakukan perbaikan dengan memberikan remedial dan pengayaan materi dan penugasan projek agar di lanjutkan dengan menggali bahan lebih banyak lagi tentang materi Aljabar dan Geometri. Pada siklus 2 ada kemajuan hasil belajar dengan nilai rata-rata 80,88 dengan persentase ketuntasan 100%, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa belajar dengan Penerapan Project Based Learning pada materi aljabar dan geometri di kelas XII dinilai berhasil dengan baik.
Referensi
Abrori, F. M., Krisnawati, Y., Ningsih, R., & Usman, U. (2019). Penelitian tindakan kelas berbasis lesson study: model think pairshare berbantuan media komik Aljabar dan Ge-ometri untuk meningkatkan hasilbelajar Matematika. Borneo Journal Of Biology Edu-cation (BJBE), 1(1), 17.
Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan project based learning terin-tegrasi STEM untuk meningkatkan literasi sains siswa ditinjau dari gender. Jurnal Ino-vasi Pendidikan IPA, 2(2), 202-212.
Apriani, D., Priyotamtama, P. W., & Handoyo, L. D. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Kelas X-7 SMA Kolese De Britto YOGYAKARTA pada Materi Aljabar dan Geometri dengan Permainan Edukatif Teka–teki Silang (Tts). In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 10, No. 1).
Farihatun, S. M., & Rusdarti, R. (2019). Keefektifan pembelajaran project based learning (PJBL) terhadap peningkatan kreativitas dan hasil belajar. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 635-651.
Kristanto, V. H. (2018). Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah:(KTI). Deepublish.
Lokistawara, E., Hidayat, S., & Syahri, I. (2019). Upaya meningkatkan penguasaan konsep melalui model problem based learning pada materi Aljabar dan Geometri Kelas X di SMA Muhammadiyah Sekayu. BIODIK, 5(1), 59-67.
Purwanti, E. N. D. A. H. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah dan Keterampilan Metakognitif Siswa Kelas X-IPA pada Materi Aljabar dan Geometri di SMA Muhammadiyah Kediri. Jurnal Simki, 3(1), 2-11.
Rahmaniati, E. (2016). Penerapan Strategi Pembelajaran Motivasional Dengan Permainan Kartu Bertema Aljabar dan Geometri Pada Siswa kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Ma-tematika dan IPA, 7(2), 1-12.
Rezeki, R. D., Nurhayati, N. D., & Mulyani, S. (2015). Penerapan metode pembelajaran pro-ject based learning (PjBL) disertai dengan peta konsep untuk meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar siswa pada materi redoks kelas X-3 SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 74-81
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Rony Faizal
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.