Analisis Penerapan Strategi Marketing Mix Dan STP (Segmentation , Targeting, Positioning) Pada Cafe 1960 Di Banjarbaru

Penulis

  • Jumiati* Fakultas Ekonomi Universitas Achmad Yani Banjarmasin
  • Aulia Rahmah Fakultas Ekonomi Universitas Achmad Yani Banjarmasin
  • Ayu Noor Agustin Fakultas Ekonomi Universitas Achmad Yani Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.57216/pah.v20i1.753

Kata Kunci:

Cafe, STP, Strategi, Marketing, Mix

Abstrak

Tujuan penelitian untuk mengetahui  pemasaran digital pada Cafe 1960 Banjarbaru untuk menarik konsumen; Untuk mengetahui hasil analisis dengan menggunakan metode analisis 4P (Price, Product, Place, Promotion) dan  metode analisis STP (Segmentation, Targeting, Positioning).Pemasaran yang dilakukan Cafe 1960 Banjarbaru untuk menarik konsumen  dengan promosi  melalui sosial media dengan Instagram sudah dilakukan oleh Cafe 1960 Banjarbaru untuk menarik pelanggan dengan memberikan promosi pada hari besar dan tertentu; Startegi pemasaran dengan metode analisis 4P yang dirasakan Café ini adalah strategi promosi dan strategi tempat. Startegi promosi dirasakan menggunakan penawaran menu lain k+366epada konsumen bisa dijadikan strategi promosi Cafe 1960 Banjarbaru, apabila dilihat dari 94 responden yang menjawab Ya sebanyak 82 responden atau sebesar 87,2% responden yang menjawab Ya. Dan strategi tempat 94 responden menjawab Ya atau sebesar 100% responden menjawab Ya; Strategi Pemasaran dengan Analisis STP ditarik kesimpulan, segmentasi dengan mengidentifikasi potensi pasar menjadi bagian – bagian tertentu berdasarkan geografis,, psikologis dan perilaku,. Target pasar yang dituju adalah semua kalangan usia muda yang bisa menikmati dengan kopi dan makanan Banjarbaru;  hasil wawancara positioning dibagi menjadi 7 macam : atribut, manfaat, penggunaan atau penerapan, pemakai, pesaing, kategori produk serta kualitas dan harga penerapan dari 7 macam jenis positioning sudah sesuai dengan teori, yang digunakan oleh Cafe 1960 Banjarbaru.

Referensi

Rachmadew, Promasanti Ira.(2021). 2021 Analisis Strategi Digital Marketing Pada Toko Usaha Kecil MenengahRahrjo Ari, 2019 Pemasaran Digital PT. Penerbit IPB Press ISBN: 978 – 602 – 440 – 914 – 2 Bogor – Indonesia.

Rangkuti,Freddy. (2017). Riset Pemasaran Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sofjan Assauri. (2015). Manajemen Pemasaran : Dasar, Konsep & Strategi Jakarta: Rajawali Perss.

Sugiyono. (2015).Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Penerbit Alfabeta, Bandung.

Sujarweni, 2015 Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi, ISBN: 978 – 602 –0874 – 11 – 1, I – Yogyakarta.

Sunyonto.(2015).Dasar – dasar Manajemen Pemasaran, Konsep dan Strategi Kasus Yog-yakarta.

Syafii, Muhammad. (2022).Penerapan Digital Marketing dengan Analisis ST.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-01

Cara Mengutip

jumiati, Rahmah, A., & Agustin, A. N. (2024). Analisis Penerapan Strategi Marketing Mix Dan STP (Segmentation , Targeting, Positioning) Pada Cafe 1960 Di Banjarbaru. Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 20(1), 76–85. https://doi.org/10.57216/pah.v20i1.753

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.