PROSES DIFUSI INOVASI DENGAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK KEGIATAN EKONOMI KREATIF OLEH PELAKU USAHA SASIRANGAN DI BANJARBARU

Authors

  • Aulia Rahmah Fakultas Ekonomi Universitas Achmad Yani Banjarmasin

Keywords:

Difusi Inovasi, Teknologi Informasi,, Ekonomi Kreatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pemanfaatan teknologi informasi dalam kerangka proses difusi inovasi untuk pemberdayaan pelaku usaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif melalui metode kualitatif, desain penelitian ini menggunakan desain penelitian studi kasus. Unit analisis dalam penelitian ini  adalah usaha sasirangan di Banjarbaru. Narasumber dalam penelitian ini adalah pelaku usaha sasirangan yang dianggap penting untuk menjelaskan sejauh mana memanfaatkan teknologi dan informasi. Instrumen penelitian ini adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, dan data sekunder. Analisis triangulasi ialah menggali kebenaran informasi dari pelaku usaha sasirangan di Banjarbaru melalui berbagai metode pengumpulan data. Selain melalui wawancara dan observasi, peneliti menggunakan dokumen data sekunder. Dari hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pelaku usaha sasirangan di kota Banjarbaru sebagian besar yaitu sebanyak 60 % telah memanfaatkan teknologi dan informasi untuk menunjang promosi dan penjualan produk sasirangannya. Namun masih belum maksimal mengingat kendala yang dihadapi para pelaku usaha sasirangan yang beragam, mulai dari tidak ada waktu yang cukup untuk menghandle pesanan apabila secara online, karena kesibukan yang sudah dimiliki pelaku usaha selain menjalankan industri sasirangan, karena masih merintis usaha awal jadi jika menggunakan teknologi informasi khawatir tidak terlayani dengan baik, yang terakhir beralasan bahwa tidak adanya fasilitas untuk menggunakan teknologi sebagai media promosi dan penjualan serta tidak adanya kemampuan untuk membeli fasilitas tersebut untuk saat ini.

Published

2021-10-11

How to Cite

Rahmah, A. . (2021). PROSES DIFUSI INOVASI DENGAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK KEGIATAN EKONOMI KREATIF OLEH PELAKU USAHA SASIRANGAN DI BANJARBARU. Scientific : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Ekonomi, 8(2), 114–117. Retrieved from https://ojs.uvayabjm.ac.id/index.php/scientific/article/view/420

Issue

Section

Article Research

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.