Kinerja Pegawai Koperasi Lulusan Sekolah Menengah Atas Dilihat Dari Kesesuaian Tugas Dan Penguasaan TI Akuntansi
Keywords:
kinerja, kesesuaian tugas, TI AkutansiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian tugas dan teknologi informasi Akuntansi dalam kinerja pegawai koperasi dengan latar belakang pendidikan Sekolah Menengah Atas di kabupaten tanah laut. Metode penilitian ini penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah koperasi aktif pada Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Perdagangan Kabupaten Tanah Laut. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, yaitu koperasi yang terdaftar pada Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Perdagangan Kabupaten Tanah Laut yang telah menggunakan sistem aplikasi akuntansi dan pegawai yang memiliki jenjang pendidikan sekolah menengah atas sederajat, sebanyak 24 pegawai. Data primer diperoleh melalui angket. Analisis data menggunakan analisis regresi ganda dengan 2 variabel bebas dan 1 variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kesesuaian tugas dan teknologi informasi, sedangkan variable terikatnya adalah kinerja pegawai lulusan menengah atas. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Program SPSS Ver. 26,00. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) kesesuaian tugas berpengaruh dalam meningkatkan kinerja pegawai koperasi lulusan Sekolah Menengah Atas; (2) penguasaan TI Akuntansi tidak memberikan pengaruh dalam meningkatkan kinerja pegawai koperasi lulusan Sekolah Menengah Atas; dan (3) secara bersamaan kesesuaian tugas dan teknologi informasi Akuntansi secara bersama berpengaruh dalam meningkatkan kinerja pegawai koperasi lulusan Sekolah Menengah Atas dengan besaran pengaruh 56.7 %.
References
Abbas, S K., Hassan, H A., Iftikhar, S., & Ali, W. (2018, January 1). Assimilation of TTF and UTAUT for Mobile Banking Usage. , 4(4), 305-308. https://doi.org/10.22161/ijaems.4.4.12
Benford, T., & Hunton, J E. (2000, March 1). Incorporating information technology consid-erations into an expanded model of judgment and decision making in accounting. Elsevier BV, 1(1), 54-65. https://doi.org/10.1016/s1467-0895(99)00004-4
Edison, dkk. (2016). Manajemen dan Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama. Bandung : Alfabeta
Goodhue, D L., & Thompson, R. (1995, June 1). Task-Technology Fit and Individual Per-formance. MIS Quarterly, 19(2), 213-213. https://doi.org/10.2307/249689
Hariyanto, Wiwit. (2008). Pengaruh Faktor Kesesuaian Tugas Teknologi dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap kinerja Akuntan Publik di Surabaya.Emisi. Vol.1. No. 2.
Jawahar, I M., & Ferris, G R. (2011, July 1). A Longitudinal Investigation of Task and Con-textual Performance Influences on Promotability Judgments. Taylor & Francis, 24(3), 251-269. https://doi.org/10.1080/08959285.2011.580806
Siregar, Astuti Handayani, dan I Ketut Suryanawa.(2009). “Pemanfaatan Teknologi Informa-si dan pengaruhnya terhadap Kinerja Individual pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Denpasar.”Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis Vol.4, No. 2 Juli.
Sitorus, H M., Govindaraju, R., Wiratmadja, I I., & Sudirman, I. (2016, February 1). Tech-nology Adoption: an Interaction Perspective. IOP Publishing, 114, 012080-012080. https://doi.org/10.1088/1757-899x/114/1/012080
Sundaram, S., Schwarz, A., Jones, E., & Chin, W W. (2007, February 3). Technology use on the front line: how information technology enhances individual performance. Springer Sci-ence+Business Media, 35(1), 101-112. https://doi.org/10.1007/s11747-006-0010-4
Wijaya, I G N S., Pratami, N W C A., Yudiastra, P P., & Arista, M Y. (2019, August 1). The Impact between the Use of Information Technology, User Ability on User Motivation and Employee Performance in the Koperasi Kuta Mimba. https://doi.org/10.1109/icoris.2019.8874894
Wild, M. (1996, May 1). Technology refusal: Rationalising the failure of student and begin-ning teachers to use computers. Wiley-Blackwell, 27(2), 134-143. https://doi.org/10.1111/j.1467-8535.1996.tb00720.x
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nur Putra Rakhmadani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.