Evaluasi Dampak Implementasi Kebijakan Kelompok Kerja Guru (KKG) Terhadap Peningkatan Kemampuan Mengajar Guru SDN di Kota Banjarmasin
Kata Kunci:
Implementasi KKG, guru, belajar mengajarAbstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar dampak implementasi kebijaksanaan KKG terhadap peningkatan kemampuan mengajar, dan bagaimana persepsi guru terhadap implementasi kebijaksanaan KKG di SDN Kota Banjarmasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi, dengan teknik penggali datanya angket dan dokumentasi. Ada 2 macam angket yang digunakan. Pertama, angket untuk menggali data tentang kemampuan mengajar guru melalui 40 orang Kepala Sekolah sebagai responden. Data ini merupakan data utama. Kedua, angket untuk menggali data tentang implementasi kebijaksanaan KKG melalui 20 orang guru sebagai respondennya, dan data ini hanya sebagai penunjang. Sedangkan teknik dokumentasi digunakan untuk menggali data prestasi belajar siswa yang juga berfungsi sebagai data penunjang. Kedua data angket tersebut ditabulasi dan diolah dengan menggunakan rumus prosentasi, dan selanjutnya diinterpretasi dengan menggunakan kriteria yang telah ditentukan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi kebijaksanaan KKG ternyata memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan mengajar guru SDN di Kota Banjarmasin. Hal tersebut terjadi karena ternyata implementasi kebijaksanaan KKG tersebut di SDN Kota Banjarmasin berjalan secara baik dan efektif sehingga juga membawa dampak terhadap peningkatan prestasi belajar siswa.