Analisis Kesulitan Mengerjakan Perkalian Dan Pembagian Pada Siswa Kelas VI Di SDN Dangu Hulu Sungai Tengah

Penulis

  • Annisa Meilida Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Achmad Yani Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.494

Kata Kunci:

kesulitan, perkalian, pembagian

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis kesulitan belajar matematika materi perkalian dan pembagian bersusun, menggali informasi dari guru kelas VI tentang kesulitan yang dialami siswa pada materi perkalian dan pembagian, mengetahui faktor yang menyebabkan siswa kesulitan dalam perkalian dan pembagian, dan mengetahui upaya dari guru dalam memberikan strategi atau metode pembelajaran bagi siswa kelas VI yang berkesulitan mengerjakan soal perkalian dan pembagian. Hasil dari penelitian ini adalah dapat dilihat bahwa guru sudah mengupayakan cara agar siswa dapat memahami perkalian dan pembagian bersusun dengan cara memotivasi siswa dengan menanamkan bahwa matematika itu mudah, menyajikan media yang menunjang dalam perkalian dan pembagian, memberikan remedial dan pendalaman materi, menggunakan metode tutor sebaya.

Referensi

Agusta, I. (2003). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif . Pusat Penelitian Sosial Ekonomi, 10.

Amalia, D. R., Chan, F., & Soleh, M. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Belajar Operasi Hitung Perkalian Pada Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 946.

Dwiyono, Y., & Tasik, H. K. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Perkalian Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 019 Samarinda ULU. Borneo Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, 11.

Ernawati, Zulmaulida, R., Saputra, E., Munir, M., Zanthy, L. S., Rusdin, . . . Nasruddin. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Indah, P. J., Saputro, B. A., & Sundari, R. S. (2020). Analysis of Difficulty Learning Operations to Calculate Multiplication and Division during the Pandemic (Covid-19) in Elementary Schools. DIDAKTIKA, 132.

Isrok'atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa.

Nur, F., Masita, & Mattoliang, L. A. (2022). Pengembangan Pembelajaran Matematika. Makassar: PT. Nas Media Indonesia.

Pratiwi, A. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal Perkalian Menggunakan Metode Lattice pada Siswa SMP Negeri 1 Batang Kuis. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 1.

Premadi, D. (t.thn.). Polamatika. Wahyu Media.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D . Bandung: Alfabeta.

Supatmono, C. (t.thn.). Matematika Asyik. Grasindo.

Wulandari, I. (2019). Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mempelajari Perkalian Dan Pembagian Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Iii Di Mi Ma’arif Nu Dawuhan Kulon Tahun Pelajaran 2018/2019. Iain Purwokerto, 6.

Yayuk, E. (2019). Pembelajaran Matematika SD. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang

Unduhan

Diterbitkan

2022-10-31

Cara Mengutip

Meilida, A. . (2022). Analisis Kesulitan Mengerjakan Perkalian Dan Pembagian Pada Siswa Kelas VI Di SDN Dangu Hulu Sungai Tengah. Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(2), 38–45. https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.494

Terbitan

Bagian

Artikel