Meningkatkan Hasil Belajar Materi Energi Panas Dan Bunyi Menggunakan Model Jigsaw Melalui Media Pada Visual Siswa Kelas IV SDN Sungai Pitung Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala

Penulis

  • Salmiah SDN Sungai Pitung

DOI:

https://doi.org/10.57216/pah.v18i1.357

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Media Visual, Model Pembelajaran Jigsaw

Abstrak

Permasalahan dalam pengajaran IPA adalah rendahnya hasil belajar siswa karena siswa kesulitan dalam memahami materi pelajaran serta siswa kurang simpatik dan terkesan pasif dalam menerima pelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar pada materi energi panas dan bunyi dengan menggunakan model Jigsaw melalui media visual siswa kelas IV SDN Sungai Pitung Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terbagi menjadi dua siklus. Setting penelitian ini, yaitu siswa kelas IV dengan jumlah siswa 19 orang yang terdiri dari 11 perempuan dan 8 laki-laki. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa model Jigsaw melalui media visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Sungai Pitung Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala pada materi energi panas dan bunyi. Aktivitas guru pada akhir siklus I dengan skor 12 kriteria baik meningkat dengan skor 14 kriteria sangat baik pada akhir siklus II. Aktivitas siswa pada akhir siklus I 55,59% dengan criteria cukup aktif meningkat menjadi 83,22% dengan kriteria sangat aktif pada akhir siklus II. Hasil belajar siswa akhir siklus I hanya mencapai 63,15% meningkat menjadi 94,73% diakhir siklus II. Berdasarkan dari hasil temuan ini diharapkan kepada guru-guru dapat menggunakan model Jigsaw melalui media visual daalm pembelajaran IPA di sekolah dasar sebagai upaya dalam meningkatkan perbaikan suatu pembelajaran IPA, serta peningkatan mutu maupun kualitas pembelajaran yang ada di sekolah dasar.

Referensi

Aqib, Zainal. (2013). Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Daryanto dan Mulyo Raharjo. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Daryanto. (2010). Belajar dan Mengajar. Bandung: Y rama Widya.

Depdiknas. (2012). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 dan Peraturan Materi Pendidikan Nasional Nomor 11 Tahun 2011 Tentang Guru dan Dosen. Bandung: Citra Umbara.

Dimyanti & Mudjono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain Aswar. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT Rajagrafindo Persoda.

Hamalik, Oemar. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Rineka Cipta.

Haryanto. (200)7. Sains untuk Sekolah Dasar Kelas IV. Jakarta: Erlangga.

Rusman. (2011). Seri Manajemen Sekolah Bermutu Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suriansyah, Ahmad. (2011). Landasan Pendidikan. Banjarmasin: Comdes.

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-28

Cara Mengutip

Salmiah. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Materi Energi Panas Dan Bunyi Menggunakan Model Jigsaw Melalui Media Pada Visual Siswa Kelas IV SDN Sungai Pitung Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala. Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(1), 60–64. https://doi.org/10.57216/pah.v18i1.357

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.