Upaya Kepala Sekolah Mengoptimalkan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di SDN Seberang Masjid 1 Banjarmasin

Penulis

  • Annisa Meilida Universitas Achmad Yani Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.57216/pah.v18i1.379

Kata Kunci:

pembelajaran tatap muka; tatap muka terbatas; optimalisasi PTMT

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis proses pembelajaran secara tatap muka terbatas, menggali informasi dari kepala sekolah dalam mengelola proses pembelajaran tatap muka terbatas, mengetahui kekurangan dan kelebihan pembelajaran tatap muka terbatas, dan mengetahui upaya dari kepala sekolah dalam mengoptimalkan proses pembelajaran tatap muka terbatas di SDN Seberang Masjid 1 Banjarmasin. Hasil dari penelitian ini adalah dapat dilihat bahwa kepala sekolah sebagai orang yang bertanggung jawab akan keberhasilan dan berjalannya proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dan siswa di masa pandemi seperti saat ini dengan menggunakan sistem tatap muka terbatas, maka kepala sekolah sudah berupaya mengoptimalkan sistem tatap muka terbatas dengan beberapa cara yaitu dengan menjalankan protokol kesehatan di lingkungan sekolah, membagi jadwal masuk setiap kelas, mengadakan workshop dan KKG guru guna memberikan pemahaman dan strategi mengajar siswa dalam pembelajaran tatap muka terbatas, serta melakukan diskusi dengan guru dan orang tua siswa.

Referensi

Agusta, I. (2003). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Pusat Penelitian Sosial Ekonomi, 10.

Direktorat Sekolah Dasar.2021.Pembelajaran Tatatp Muka Terbatas Sebagai Solusi di Masa Pandemi Covid-19. Diunduh dari ditpsd.kemdikbud.go.id. pada 15 Januari 2022.

Husna, M., & sugito. (2022). Eksplorasi Penerapan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas pada Jenjang PAUD di Masa Kebiasaan Baru. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1856.

Kristiawan, M., Nur, A., & Fahlul, R. (2021). optimalisasi pembelajaran daring berbasis aplikasi online bagi calon guru pendidikan anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal pendidikan anak usia dini, 67.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.

Suryani, L., Tuteh, K. J., Nduru, M. P., & Pendy, A. (2022). Analisis Implementasi Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa New Normal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2239.

Usman, H. (2014). Peran dan Fungsi Kepala Sekolah/Madrasah. Jurnal PTK DIKMEN , 2.

Widyastuti, A. (2021). Optimalisasi Pembelajran Jarak Jauh (PJJ), Daring Luring, BdR. Jakarta: PT. Gramedia.

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-28

Cara Mengutip

Meilida, A. (2022). Upaya Kepala Sekolah Mengoptimalkan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di SDN Seberang Masjid 1 Banjarmasin. Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(1), 120–125. https://doi.org/10.57216/pah.v18i1.379

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.