Implementasi Manajemen Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Di SMK Swasta Banjarmasin

Penulis

  • Rina Fadliah Universitas Achmad Yani Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.57216/pah.v19i2.679

Kata Kunci:

Implementasi, Manajemen, Mutu

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi ketidak percayaan masyarakat terhadap nilai rapor yang diterima siswa, masyarakat menganggap sekolah hanya mampu memberikan nilai tinggi kepada siswa tanpa diiringi oleh kemampuan yang tinggi pula. Akibat sistem penilaian ini siswa tidak mengetahui dimana bakatnya, guru tidak jujur lagi dalam memberikan penilaian, dan orang tua tidak mengetahui dimana kelebihan dan kekurangan anak dalam menguasai pelajaran. Penelitian ini di lakukan di SMK Swasta Banjarmasin, dengan metode penelitian Kualitatif, dengan teknik pengumpulan data bersifat trianggulasi yaitu : observasi. Wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa penetapan KKM di SMK Swasta Banjarmasin kurang memperhatikan aspek Kompleksitas, daya dukung dan Intake yang dimiliki SMK Swasta Banjarmasin, sehingga penetapan KKM di SMK Swasta Banjarmasin kurang bermutu. Rekomendasi dari penelitian ini adalah : 1) kepada Dinas Pendidikan agar melakukan evaluasi terhadap KKM yang ditetapkan oleh sekolah-sekolah. 2) guru harus memberikan nilai siswa secara objektif dan jujur sesuai dengan kemampuan siswa , agar siswa bisa mengetahui dimana kelebihan dan kekurangannya dalam menguasai pelajaran.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Daft. Richar . (2010). Era Baru Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Departemen Pendidikan Nasional, (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Utama

Diklat/Bimtek KTSP (2009). Departemen Pendidikan Nasional.

Edword Sallis. (2010. Total Quality Manajemen. Jakarta: Ircisad.

Faizah, Hasnah. (2011). Menulis Karangan Ilmiah. Banjarmasin: Cendikia Insani

Farida Hasna Vida. (2010). Dasar-dasar Manajemen SMK. Bandung: Armiko.

Hasbullah, M.H. (2015). Kebijakan Pendidikan: Dalam Perspektif Teori, Aplikasi, dan Kondisi Objektif Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT. Rajawali Persada.

Kompri. (2015). Manajemen pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Manulang. (2006). Dasar-dasar Manajemen. Jogjakarta: Gajah Mada Universiti Press.

Moleong Lexy J, (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sani Abdullah Ridwan. (2015). Penjamin Mutu Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

—————(2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Afabeta

—————(2014). Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta

Tim Dosen. (2013). Manajemen Pendidikan, Bandung, Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-15

Cara Mengutip

Fadliah, R. (2023). Implementasi Manajemen Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Di SMK Swasta Banjarmasin. Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 19(2), 133–147. https://doi.org/10.57216/pah.v19i2.679

Terbitan

Bagian

Artikel