Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengimplementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

(Pada SMA Plus Citra Madinatul Ilmi (CMI) Banjarbaru)

Penulis

  • Achmad Fauzi FKIP Unversitas Achmad Yani Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.57216/pah.v20i1.744

Kata Kunci:

Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Implementasi, Pelajar, Pancasila, Profil (P5)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang implementasik Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang dilakukan oleh Kepala SMA Plus Citra Madinatul Ilmi (CMI) Banjarbaru   Kalimantan Selatan, adapun langkah langkah penerapannya adalah :  (Pertama)  Kepala SMA Plus Citra Madinatul Ilmi (CMI) Banjarbaru  sebagai sekolah Penggerak membentuk Komite pembelajaran. Komite Pembelajaran adalah sebuah tim di tingkat satuan pendidikan yang terdiri dari  Kepala Sekolah dan Guru-guru yang dipilih oleh kepala sekolah. Fungsi Komite pembelajaran adalah untuk merancang dokumen KOSP termasuk merancang Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.. (Kedua) Kepala Sekolah Mengadakan IHT ten-tang Kurikulum Merdeka dan KOSP termasuk IHT Projek Penguatan Profil Pelajar Pan-casila. (P5). (Ketiga) Kepala Sekolah bersama guru membentuk dan memilih tim fasilitator serta Koordinator Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5.  terdiri dari  guru guru yang mata pelajaran terintgrasi dalam tema dan modul projek. (Keempat). Kepala sekolah bersama guru memilih Tema projek  dan dimensi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Pemilihan tema P5 dilaksanakan dalam rapat kecil bersama tim projek, komite pembelajaran dan beberapa orang guru, termasuk semua siswa yang dilibatkan, (Kelima) Kepala sekolah bersama guru menentukan waktu pelaksanaan, setelah topik P5 disusun, langkah selanjutnya adalah menentukan waktu pelaksanaan, dan merancang alokasi waktu  Projek Pengutan Profil Peljarar Pancasila dan mengidentifikasi jumlah total jam projek dalam satu pekan . (Keenam). Kepala sekolah bersama guru menyusun dan mengembangkan modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Pengembangan modul projek sebagai langkah dalam menyusun laporan akhir dari kegitan P5 yang dilakukan oleh tim projek  sekolah beserta siswa.

Referensi

Bogdan, R.C., & Biklen, S. K,. (1982). Qualitative Research for Educatioan: An Introduction to Theory and Methods. (Boston: Allyn and Bacon, Inc, 1982)

Miles, M. B. and Hubberman, A.M. (1992). Analisis Data Kualitatif Tentang Metode-metode Baru. (Terjemahan, Tjejep Rohidi). Jakarta: UI-Press.

Yvonna S Lincoln and Egon G. Guba.(1985). Naturalistic Inquiry (Beverly Hills, Califonia: Sage Publications, 1985).

Materi Pengutan FSP. ( 17 Juli 2023). Peran dan Tugas Fasilitator Sekolah Penggerak. Disampaikan pada Penyegaran Fasilitator Sekolah Penggerak angkatan 1, 2, 3 Daring,

Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kementerian Pendidikan Ke-budayaan Riset dan Teknologi. PANDUAN PENGEMBANGAN Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. 2022

Fauzi, Achmad.( Juli 2022). Kurikulum Merdeka dan Refleksi Pembelajaran Paradigma Baru. Materi IKM disampaikan pada Kegiatan IHT SMAN 1 Banjarbaru

Fauzi, Achmad. (2023). Persamaan Persepsi Dalam Merancang Projek Penguatan

Profil Pelajar Pancasila. Pada MI dan MTs Nurul Ulum Banjarmasin Tahun 2023. Materi disampaikan pada acara Workshop IKM di Yayasan Bina Ilmu, Nurul Ulum TTD Banjarmasin, tanggal 28-30 Maret 2023

Fauzi. Achmad. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah (Sebuah Konsep, Teori dan Ap-likasinya di Sekolah Yogyakarta : Penernit K-Media.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Penerbit : Alfabeta.

Tim Projek SMAN 1 Pengaron.(2022). Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Tema KEARIFAN LOKAL (Menelusuri Situs Sejarah Benteng Oranje Nassau).

Miles, M. B. and Hubberman, A.M. (1992). Analisis Data Kualitatif Tentang Metode-metode Baru. (Terjemahan, Tjejep Rohidi).Jakarta: UI-Press.

Sugiyono. (2008) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. (Bandung: Penerbit : Alfabeta, 2008

Fauzi, Achmad. (2018). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Layanan Dalam Mening-katkan Mutu Pembelajaran Serta Membangun Profesionalisme Guru dan Pengawas Sekolah. , Yogyakarta: KMedia.

Mulyasa.(2012). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

E. Mulyasa. (2005). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung:.Remaja Rosdakarya.

Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI No 162/M/2021 Ten-tang Program Sekolah Penggerak.

Kepmendikbudristek Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam rangka Pemulihan Pembelajaran.

Kepala Badan Standar Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Ke-budayaan, Riset dan Teknologi. (2022). Tahapan Kurikulum Merdeka di Satuan Pen-didikan.

Kemendikbudristek Merdeka Belajar Episode kelima Belas. (2022). Kurikulum Merdeka dan Platfom Merdeka Belajar.

Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi .(April 2022). Panduan Pengembangan KOSP.

Kemendikbudristek. (2022). Materi Kebijakan Kurikulum

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-01

Cara Mengutip

Fauzi, A. (2024). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengimplementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5): (Pada SMA Plus Citra Madinatul Ilmi (CMI) Banjarbaru). Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 20(1), 68–75. https://doi.org/10.57216/pah.v20i1.744

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >> 

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.