Peningkatan Profesionalitas Pegawai Pada Kantor Kelurahan Di Wilayah Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru
DOI:
https://doi.org/10.57216/pah.v20i1.746Kata Kunci:
kualitas, kuantitas, ketepatan waktu, kemandirian, hubungan interpersonalAbstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan profesionalitas pegawai Kantor Kelurahan di Wilayah Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru di lihat dari aspek Kualitas kerja, Kuantitas kerja, Ketepatan waktu kerja, Kemandirian, dan Hubungan interpersonal. Penelitian ini menggunakan tipe deskriptif kualitatif, responden ditetapkan secara random sampling sehingga diperoleh sebanyak 39 orang. Alat penggali data yang digunakan adalah angket untuk memperoleh data primer dan observasi serta dokumenter untuk mendapatkan data sekunder. Selanjutnya analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada faktor kualitas kerja berdasarkan interpretasi skor 78% termasuk baik, faktor kuantitas kerja berdasarkan interpretasi skor 83% termasuk sangat baik, faktor ketepatan waktu kerja berdasarkan interpretasi skor 87,4% termasuk sangat baik, kemudian pada faktor kemandirian pegawai berdasarkan interpretasi skor 91,6% termasuk sangat baik, serta faktor hubungan interpersonal pegawai berdasarkan interpretasi skor 79,4% termasuk baik.
Referensi
Abdullah, Adri. (2017). Pengaruh Profesionalisme dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Inspektorat Provinsi Sulawesi Selatan. Universitas Is-lam Negeri Alaudin Makasar. Soekanto, Soerjono. 2017. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.
Andiyani, Yesy.(2015). Profesionalisme kerja pegawai Dalam Penyelenggaraan Administrasi Pelayanan Publik di Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda. ejournal Admin-istrasi Negara, Vol.4, Nomor 1, 2016: 2321-2333.
Bayuaji, Budihargo. (2017) . Profesionalisme Ditinjau Dari Factor Demografis (Jenis Ke-lamin, Usia Dan Tingkat Pendidikan) Pada Karyawan Tetap Administratif Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Bachelor Thesis, Universitas Muhammadiyah Purwoker-to.
Edo Rinaldo, Christian M, Marpaung dan Aji Hogantara. (2017). Peta Jalan UKM 4.0: Profesional, Produktif, Kreatif, dan Entrepreneurial. Jakarta: Gramedia Pustaka Uta-ma.
Ferawati, Indri, dkk, (2020). Pengaruh Profesionalisme Dan Etika Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Rumah Sakit Umum
Daerah Ciamis (Suatu Studi Pada Pegawai ASN Rumah Sakit Umum Daerah Ciamis). Business Management and Entrepreneurship Journal, Vol.2 No.3 September 2020.
Halawa, SJ., dkk (2022). Dinamika Perubahan Profesionalisme Pegawai Sebagai Bentuk Adaptasi Sistem Kerja Baru Di Tempat Usaha Di Kota Gunung Sitoli (Studi Per-bandingan Sistem Kerja Antara Alfamidi/Franchise Mart dan City Mart/Indomaret), Jurnal EMBA, Vol.10 No. 4 Hal.1525-1534 : 2303-1174
Kurniawan, Agung, (2005). Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaharuan
Rulianti, E. (2020). Prestasi Kerja : Penilaian Kerja Karyawan Dan Kepuasan Kerja. Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, 5(01), 38 - 63. https://doi.org/10.37366/jespb.v5i01.84
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Widiati
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.