Pembentukan Nilai Karakter Tanggung Jawab Siswa Melalui Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) Di SMAN 12 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.57216/pah.v20i2.837Kata Kunci:
Ekstrakurikuler, Tanggung Jawab, Palang Merah Remaja (PMR)Abstrak
SMAN 12 Palembang merupakan salah satu sekolah yang berada di kota Palembang, yang memiliki ekstrakurikuler PMR. Keterlibatan kegiatan PMR membutuhkan tanggung jawab yang mereka ambil dalam tugas-tugas yang diberikan. Namun, berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan menemukan siswa PMR yang kurangnya rasa tanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejauh mana tanggung jawab siswa PMR. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Tanggung jawab memiliki ciri-ciri seperti kepemilikan, disiplin dan kesadaran. Berdasarkan indikator tersebut, maka peneliti mendapatkan hasil bahwa pada indikator 2 dari 7 subjek penelitian yang selalu membolos, berkelahi dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan faktor teman dan juga kemampuannya yang rendah dalam memahami kegiatan ekstrakurikuler PMR dan lainnya. Dapat disimpulkan siswa ekstrakurikuler PMR pada indikator kepemilikan memiliki perilaku menyimpang. Sedangkan pada indikator disiplin siswa tersebut memiliki perilaku disiplin waktu, mengikuti aturan PMR serta berperilaku baik. Namun, masih ada siswa PMR yang belum bisa dikatakan disiplin waktu serta mengikuti aturan PMR maupun berperilaku baik. Pada indikator terakhir yaitu kesadaran, siswa PMR memiliki perilaku menyimpang.
Referensi
Apriastuti, H. N., & Utomo, A. C. (2023). Pembentukan Karakter Peduli Sosial Dan Tanggung Jawab Pada Ekstrakurikuler Dokter Kecil (PMR) Di MIM Karanganyar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1647-1657.
Chairunnisa, C., Rahmadhani, D. D., Astuti, N. R. W., & Nafisah, S. (2023). Pengembangan Karakter Dan Keterampilan Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di SDN 244 Guruminda Dan SD Plus Al-Ghifari. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(4), 118-130.
Damansyah, H., Yunus, P., Abdullah, L. A., Potale, R., Mobihu, L., Dahiba, R., & Runtunuwu, Y. (2022). Pelatihan Pertolongan Pertama Pada Sinkop Siswa Pmr Di Sma Negeri 1 Telaga Biru. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(11), 3057-3062.
Hidayati, H. (2023). Budaya Sikap Tanggung Jawab Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Lombok Timur. Schemata: Jurnal Pasca Sarjana IAIN Mataram, 12(1), 15-34.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Triana, D. (2023). Implementasi Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Pencak Silat Satria Sejati Di Sdit Baitul Jannah Bandar Lampung.
Yanti, N., Adawiah, R., & Matnuh, H. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakulikuler Dalam Rangka Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Siswa Untuk Menjadi Warga Negara Yang Baik di SMA Kopri Banjarmasin. Program Studi PPKn Fkip Universitas Lam-bung Mangkurat, 6, 964-965.
Yanti, N., Adawiah, R., & Matnuh, H. (2016, Mei 11). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Rangka Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Siswa Untuk Menjadi Warga Negara Yang Baik Di Sma Korpri Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 1-2. Dipetik Februari 27, 2023
Yunarsi, S. (2017). Implementasi Kegiatan Ekstrakulikuler Palang Merah Remaja Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Mts. Negeri Model Makasar. Mahasiswa Jurusan PPKn FIS Universitas Negeri Makasar, 108-109.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Siska Khoirunnisya Saputry, Ardi Saputra, Dian Sri Shomedran
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.