Comparative Study Talking Stick dan Joyfull Learning : Mana Yang Lebih Berpengaruh Terhadap Motivasi Belajar?

Penulis

  • Muhammad Rizky* Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia https://orcid.org/0009-0008-3760-3493
  • Ayu Nur Shawmi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Agra Dwi Saputra Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia
  • Ines Tasya Jadidah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.57216/pah.v20i2.767

Kata Kunci:

Comparative Study, Joyfull Learning, Learning Method, Talking Stick

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan metode pembelajaran mana yang lebih berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitaif berjenis eksperimen dengan tipe one group-compartive study. Hasil penelitian menunjukkan bhawa metode talking stick mampu meningkatkan motivasi belajar sebesar 3,5 poin dengan hasil uji paired sample t-test 0,309 > 0,05 dan metode joyfull learning mampu meningkatkan sebesar 7,1 poin dengan hasil uji paired sample t-test 0,047 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa metode joyfull learning lebih berpengaruh dibandingkan talking stick dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Biografi Penulis

Muhammad Rizky*, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia

081274887803

Sinta ID:6860710

Garuda ID: 6156480

ORCID ID: https://orcid.org/0009-0008-3760-3493 

GOOGLE SCHOLAR ID: https://scholar.google.com/citations?user=gXlmX4oAAAAJ&hl=id 

Ayu Nur Shawmi, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia

GS: https://scholar.google.com/citations?user=1MTFShMAAAAJ&hl=id

SINTA ID: https://sinta.kemdikbud.go.id/authors/profile/6798797

Agra Dwi Saputra, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia

GS:https://scholar.google.com/citations?user=wnHJBvIAAAAJ&hl=id

SINTA: https://sinta.kemdikbud.go.id/authors/profile/6799073

Ines Tasya Jadidah, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia

GS:https://scholar.google.com/citations?user=u0S1M6gAAAAJ&hl=id

SINTA:https://sinta.kemdikbud.go.id/authors/profile/6749788

Referensi

Afni Hidayanti, N., Dwi Saputra, A., Fadil, A., & Tauhid, I. (2023). PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH PALEMBANG. Limas PGMI, 4(2). https://doi.org/10.19109/limas_pgmi.v4i2.21124

Anggraini, S., & Sukartono, S. (2022). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5287–5294. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3071

Aqib, Z., & Murtadlo, A. (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif (1 ed., hlm. 376). Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Bunyamin. (2021). Belajar dan Pembelajaran: Konsep Dasar, Inovasi, dan Teori. Jakarta: UHAMKA Press.

Dietrich, J., Schmiedek, F., & Moeller, J. (2022). Academic motivation and emotions are expe-rienced in learning situations, so let’s study them. Introduction to the special issue. Learning and Instruction, 81, 101623–101623. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2022.101623

Djamaluddin, A. & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran (hlm. 111). Pare-pare: CV. Kaffah Learning Center.

Fachri, M., Wahid, A. H., Baharun, H., & Lailiyah, K. (2020). JOYFUL LEARNING BERBASIS HYPERCONTENT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH. 4(2), 170–184. https://doi.org/10.33650/edureligia.v4i2.1579

Filgona, J., Sakiyo, J., Gwany, D. M., & Okoronka, A. U. (2020). Motivation in Learning. Asian Journal of Education and Social Studies, 10(4), 16–37. https://doi.org/10.9734/ajess/2020/v10i430273

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9 (9 ed.). Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Hamdayama, J. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Harapan, U. P., & Sudibjo, N. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR SISWA DI ERA PANDEMI COVID-19 Dyah Lukita. Akademika, 10(1). https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01

Hasan Afini Maulaya, F., Aziz, A., Maulidi Noviantoro, K., Ilmu Pengetahuan Sosial, T., Tadris Umum, F., Islam Zainul Hasan Genggong, U., … Jawa Timur, P. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia di Madrasah Aliyah Sunan Ampel Kamalkuning Krejengan Probolinggo. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2). https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3708

Hikmah Negeri, N. S. (2021). Application of the Talking Stick Methode to Increase Student Learning Motivation. 4(6). Diambil dari https://jurnal.uns.ac.id/shes

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis (1 ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hutagalung, J., Situmorang, J., & Sardjijo, S. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Ppkn Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(6), 7748–7761. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.4003

Kamarudin, K., Irwan, I., & Daud, F. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Pkn. Jurnal Basicedu, 5(4), 1847–1854. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1059

Matondang, A. (2018). PENGARUH ANTARA MINAT DAN MOTIVASI DENGAN PRESTASI BELAJAR. 2(2).

Prastowo, A. (2017). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu Implementasi Kurikulum 2013 (2 ed., hlm. 412). Jakarta: Kencana.

Prinotama, A. N., Larasati, D. A., & Roosyanti, A. (2019). Pengaruh Joyfull Learning terhadap Motivasi Belajar di SDN Karah I Surabaya. 1(1), 96–105. http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v1i01.727

Rizky, M., Jadidah, I. T., Eprilia, W., Shawmi, A. N., & Dwi, A. (2024). Seberapa Besar Pengaruh Metode Pembelajaran Talking Stick Pada Hasil Belajar Siswa SD/MI? . . Vol., 4(1), 1–10. https://doi.org/10.32665/jurmia.v4i1.2530

Rizky, M., Maryamah, M., Putra Pratama, M. A., & Desilawati, D. (2023). Revitalisasi Pendidikan: Pengaruh Metode Pembelajaran Nabi Muhammad Terhadap Motivasi Belajar Siswa MI Era 5.0. Jurnal Basicedu, 7(5), 3072–3080. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6152

Rizqi, A. T., & Sumantri, M. (2019). Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 145–154.

Santoso, S. (2018). Menguasai Statistik SPSS 25. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013 (1 ed.). Yogyakarta: AR-RUZZ Media.

Siregar, E., & Nara, H. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Slameto. (2021). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya (Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russell, J. D. (2014). Instructional technology and media for learning (Tenth edit). Harlow: Pearson Education Limited.

Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian (1 ed.). Depok: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD (27 ed.). Bandung: Alfabeta.

Sumantri, M. S. (2019). Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar (1 ed.). Depok: Rajawali Pers.

Sunarto, A., Sartika, D., Cay, S., Sumiaty, R. Y., & Nurhidayat, M. A. (2021). MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DIRUMAH MASING-MASING SELAMA MASA PANDEMIC COVID-19 PADA YPMS DARUSSALAM KEDAUNG PAMULANG. Dedikasi PKM, 2(1). https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v2i1.8476

Susanti Lidia. (2019). Prestasi Belajar Akademik dan Non Akademik: Teori dan Implementasinya (1 ed.; A. Hamzah, Ed.). Malang: Literasi Nusantara.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (1 ed., hlm. 310). Jakarta: Kencana.

Uno, H. B. (2021). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan (17 ed.; Tarmizi, Ed.). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Diterbitkan

2024-10-01

Cara Mengutip

Rizky, M., Shawmi, A. N., Saputra, A. D., & Jadidah, I. T. (2024). Comparative Study Talking Stick dan Joyfull Learning : Mana Yang Lebih Berpengaruh Terhadap Motivasi Belajar?. Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 20(2), 186–193. https://doi.org/10.57216/pah.v20i2.767

Terbitan

Bagian

Artikel