Peran Media Sosial Youtube Serta Tantangan Dalam Mewujudkan Toleransi dan Perdamaian
DOI:
https://doi.org/10.57216/pah.v20i2.829Kata Kunci:
Media Sosial, YouTube, Toleransi, PerdamaianAbstrak
YouTube adalah platform website yang memungkinkan pengguna mengunggah video untuk dibagikan dengan penonton di internet. Setelah diunggah, video dapat ditonton tanpa perlu menunggu lama untuk mengunduhnya. YouTube juga menyediakan fitur siaran langsung yang memungkinkan penonton memberikan komentar secara real-time di kolom yang disediakan, yang membedakannya dari televisi konvensional. Platform ini sangat dicari oleh masyarakat karena menyediakan berbagai jenis video, mulai dari hiburan, tips dan trik, hingga berita terbaru. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peran YouTube sebagai media sosial dan tantangan dalam mewujudkan toleransi serta perdamaian. Metode studi pustaka digunakan dengan mengacu pada buku referensi, media, sumber data internet, dan jurnal penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa YouTube memiliki potensi besar sebagai patfrorm yang memfasilitasi pertukaran budaya, edukasi, dan dialog antarbudaya. Konten yang beragam dan inklusif dapat memperluas wawasan, mempromosikan pemahaman lintas budaya dan memperkuat kesatuan di antara individu dengan platfrorm, pengguna,pemerintah, dan organisasi masyarakat sipil. Upaya bersama untuk mempromosikan edukasi media, meningkatkan kesadaran tentang pentingnya toleransi dan kerukunan, serta mendorong partisipasi aktif dalam dialog konstruktif dapat membantu YouTube berfungsi sebagai alat yang efektif dalam mewujudkan perdamaian dan toleransi di masyarakat global.
Referensi
Alfani, N. ’Afuah. (2022). Nilai-Nilai Toleransi dalam Dakwah pada Channel YouTube Adi Hidayat Official “Menjawab Argumen Semua Agama Sama .” 1–82.
Asih, A. S., Agama-agama, P. S., Ushuluddin, F., Filsafat, D. A. N., Islam, U., Sunan, N., & Surabaya, A. (2023). MEDIATISASI TOLERANSI DI MEDIA SOSIAL ( ANALISIS KONTEN KANAL YOUTUBE JEDA NULIS ).
David, E., Sondakh, M., & Harilama, S. (2017). Pengaruh Konten Vlog dalam Youtube terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi. Acta Diurna, 6(1).
Dedeh Dhohiah. (2021). Toleransi di Kalangan Generasi Milenial. BDK Jakarta. https://bdkjakarta.kemenag.go.id/toleransi-di-kalangan-generasi-milenial/
Olga Bedriana. (2024). Distribusi Video: 7 Cara Mempromosikan Konten Video Anda Secara Efektif. Wave.Vidio. https://wave.video/id/blog/video-distribution/
Rahayu. (2022). Anak Muda dan Upaya Merawat Perdamaian. Tribun Timur. https://saa.fuf.uin-alauddin.ac.id/artikel-3524-anak-muda-dan-upaya-merawat-perdamaian
Rezkia, F., Abidin, S., & Muary, R. (2022). Analisis Framing “Zero Tolerance” Pada Film Indonesia: Diversity Under Threat di Youtube DW Documentary. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(4), 2201–2211. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i4.1034
Rinnanik. (2016). Program Pembelajaran Agama Islam. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(2), 221–239.
Sukmawati, R., & Tarmizi, M. I. (2022). Hoaxisu Agama Dan Upaya Melawan Penyebarannyaamelia Dwi Handayani. Tjyybjb.Ac.Cn, 27(2), 58–66.
Wacana, A., Channel, D., & Jeda, Y. (2022). NILAI-NILAI TOLERANSI DALAM VIDEO “TOLERAN DALAM BERDAKWAH DAN DAKWAHKAN TOLERANSI” (Analisis Wacana Dalam Channel Youtube Jeda Nulis).
Wawaysadhya, Oktafiani, T. U., Olivia, P. L. D., & M, B. (2022). Moderasi Beragama di Media Sosial : Narasi Inklusivisme dalam Dakwah. AL MUNIR Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 13(2), 118–132.
Widiyanto, M. A., Permana, A., & Rachmawanti, R. (2023). Representasi Toleransi Beragama Dalam Video Art. 10, 1.
Wiryany, D., & Pratami, T. V. (2019). Kekuatan Media Baru Youtube Dalam Membentuk Budaya Populer. ArtComm : Jurnal Komunikasi Dan Desain, 2(02), 25–30. https://doi.org/10.37278/artcomm.v2i02.199
Yalni, F., & Faisal. (2021). Pesan-Pesan Toleransi Beragama Dalam Konten Youtube Gita Savitri Devi. Al-Adyan: Journal of Religious Studies, 2(2), 141–152.
Youtube, C., Nulis, J., Isi, A., & Klaus, P. (2022). Nilai-Nilai Toleransi Dalam Berdakwah Pada.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 nna Sofana Jannah, Ahmad Arifin, Fitri Aulia Fadhilah, Rizal Maulana
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.