Adaptasi Kurikulum Di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif

Penulis

  • Alpha Ariani Universitas Achmad Yani Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.57216/pah.v18i1.362

Kata Kunci:

adaptasi kurikulum; sekolah inklusif; program pembelajaran individual

Abstrak

Sekolah penyelenggara pendidikan inklusif dituntut untuk melakukan penyesuaian-penyesuaian termasuk dalam hal kurikulum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan adaptasi kurikulum di sekolah dasar penyelenggara pendidikan inklusif. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan dilaksanakan di lima sekolah dasar inklusif yang ada di Banjarmasin dengan informan kepala sekolah, guru kelas, dan guru pembimbing khusus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu sekolah inklusif menggunakan kurikulum nasional sebagai acuan dalam pembelajaran. Agar sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa maka dilakukan adaptasi kurikulum ketika proses pembelajaran berlangsung. Adaptasi dilakukan dalam hal modifikasi materi, penggunaan media, dan penilaian hasil belajar siswa. Namun sekolah masih banyak menemui kendala untuk menyusun dan mendokumentasikan ke dalam program pembelajaran individual (PPI).

Referensi

Apriati, Yuni. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Siswa Tunagrahita di Sekolah Inklusif (Studi Kasus: SMPN 191 Jakarta Barat). Jurnal Ortopedagogia. Vol. 7 No. 1, 23-28.

Ariani, A. (2019). PENERAPAN DISCREPANCY EVALUATION MODEL DALAM EVALUASI PROGRAM. Pahlawan, 115-129.

Haryanto. (2011). Diktat Pengembangan Kurikulum PLB. Yogyakarta.

Holifurrahman. (2020). KURIKULUM MODIFIKASI DALAM PRAKTIK . Journal of Disability Studies, 271-292.

Kemendikbudristek. (2021). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Inklusif. Jakarta

Kristina. (2021, 12 27). Detik.com. Retrieved from https://www.detik.com/edu/sekolah/d-5871651/3-opsi-kurikulum-nasional-2022-sahabat-detikedu-pilih-mana

Kristina. (2021, 12 27). Detik.com. Retrieved from https://www.detik.com/edu/sekolah/d-5871651/3-opsi-kurikulum-nasional-2022-sahabat-detikedu-pilih-mana

Melinda, E. S. (2013). Pembelajaran Adaptif Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Luxima Metro Media.

PP No. 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.

Prastowo, A. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Puspardani, V. E. (2020). ADAPTASI KURIKULUM DI SEKOLAH DASAR INKLUSI:. Seminar Nasional “Bela Negara Untuk Generasi Milenial” (pp. 83-87). Kudus: Universitas Muria Kudus.

Rachmayana, D. (2013). Menuju Anak Masa Depan Yang Inklusif. Jakarta.

Ramayulis, H. (2015). Dasar-dasar Kependidikan: Suatu Pengantar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Kalam Mulia.

Rusyani, E. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Maternal Reflektif dalam Bahasa Indonesia di SLB B (Anak Tunarungu) [Masters, Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/1046/

Soendari, Tjutju. Program Pembelajaran Individual (PPI). http://file.upi.edu

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto. (2010). Manajemen Pendidikan di Sekolah . Jakarta: Rineka Cipta.

Syamsuri, M. (2022, 3 23). Pendidikan Inklusif Solusi Pendidikan Untuk Semua. Banjarmasin, Kalimantan Selatan: Banjarmasin Post.

Wahyuno, d. (2014). PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN INKLUSIF. Sekolah Dasar, 77-84.

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-28

Cara Mengutip

Ariani, A. (2022). Adaptasi Kurikulum Di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif. Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(1), 89–94. https://doi.org/10.57216/pah.v18i1.362

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.