Adaptasi Kurikulum Di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif
DOI:
https://doi.org/10.57216/pah.v18i1.362Kata Kunci:
adaptasi kurikulum; sekolah inklusif; program pembelajaran individualAbstrak
Sekolah penyelenggara pendidikan inklusif dituntut untuk melakukan penyesuaian-penyesuaian termasuk dalam hal kurikulum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan adaptasi kurikulum di sekolah dasar penyelenggara pendidikan inklusif. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan dilaksanakan di lima sekolah dasar inklusif yang ada di Banjarmasin dengan informan kepala sekolah, guru kelas, dan guru pembimbing khusus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu sekolah inklusif menggunakan kurikulum nasional sebagai acuan dalam pembelajaran. Agar sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa maka dilakukan adaptasi kurikulum ketika proses pembelajaran berlangsung. Adaptasi dilakukan dalam hal modifikasi materi, penggunaan media, dan penilaian hasil belajar siswa. Namun sekolah masih banyak menemui kendala untuk menyusun dan mendokumentasikan ke dalam program pembelajaran individual (PPI).
Referensi
Apriati, Yuni. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Siswa Tunagrahita di Sekolah Inklusif (Studi Kasus: SMPN 191 Jakarta Barat). Jurnal Ortopedagogia. Vol. 7 No. 1, 23-28.
Ariani, A. (2019). PENERAPAN DISCREPANCY EVALUATION MODEL DALAM EVALUASI PROGRAM. Pahlawan, 115-129.
Haryanto. (2011). Diktat Pengembangan Kurikulum PLB. Yogyakarta.
Holifurrahman. (2020). KURIKULUM MODIFIKASI DALAM PRAKTIK . Journal of Disability Studies, 271-292.
Kemendikbudristek. (2021). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Inklusif. Jakarta
Kristina. (2021, 12 27). Detik.com. Retrieved from https://www.detik.com/edu/sekolah/d-5871651/3-opsi-kurikulum-nasional-2022-sahabat-detikedu-pilih-mana
Kristina. (2021, 12 27). Detik.com. Retrieved from https://www.detik.com/edu/sekolah/d-5871651/3-opsi-kurikulum-nasional-2022-sahabat-detikedu-pilih-mana
Melinda, E. S. (2013). Pembelajaran Adaptif Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Luxima Metro Media.
PP No. 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.
Prastowo, A. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Puspardani, V. E. (2020). ADAPTASI KURIKULUM DI SEKOLAH DASAR INKLUSI:. Seminar Nasional “Bela Negara Untuk Generasi Milenial” (pp. 83-87). Kudus: Universitas Muria Kudus.
Rachmayana, D. (2013). Menuju Anak Masa Depan Yang Inklusif. Jakarta.
Ramayulis, H. (2015). Dasar-dasar Kependidikan: Suatu Pengantar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Kalam Mulia.
Rusyani, E. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Maternal Reflektif dalam Bahasa Indonesia di SLB B (Anak Tunarungu) [Masters, Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/1046/
Soendari, Tjutju. Program Pembelajaran Individual (PPI). http://file.upi.edu
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Suryosubroto. (2010). Manajemen Pendidikan di Sekolah . Jakarta: Rineka Cipta.
Syamsuri, M. (2022, 3 23). Pendidikan Inklusif Solusi Pendidikan Untuk Semua. Banjarmasin, Kalimantan Selatan: Banjarmasin Post.
Wahyuno, d. (2014). PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN INKLUSIF. Sekolah Dasar, 77-84.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Alpha Ariani
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.