ANALISIS PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN ROTI AGUNG DI DESA SUNGAI SIPAI MARTAPURA

Authors

  • Gusti Marliani Fakultas Ekonomi Universitas Achmad Yani Banjarmasin
  • Toto Sugiarto Fakultas Ekonomi Universitas Achmad Yani Banjarmasin
  • Sustinawati Nasyikin Fakultas Ekonomi Universitas Achmad Yani Banjarmasin

Keywords:

Marketing Mix, Keputusan Pembelian, Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Marketing Mix yang terdiri dari variabel produk, harga, promosi, dan distribusi terhadap keputusan pembelian Roti Agung.Populasi dalam penelitian sebanyak 710 orang, dengan sampel sebanyak 80 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan persamaan regresi berganda yaitu Y = 10,233 + 0,679 X1 + 1,058 X2+ 0,618 X3 + 1.069 X4. Uji F di peroleh nilai Fhitung 74,542 > Ftabel 2,494 artinya bahwa variabel marketing mix (X) berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Nilai uji thitung pada ke empat variabel lebih besar dari nilai ttabel maka dapat di simpulkan variabel produk, harga, promosi, dan distribusi berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,788 artinya kemampuan variabel produk, harga, promosi, dan distribusi sebesarnya 78,8% dapat menjelaskan variabel keputusan pembelian konsumen, sedangkan sisanya sebesar 21,2% dijelaskan variabel lain.

Published

2021-11-08

How to Cite

Marliani, G., Sugiarto, T., & Nasyikin, S. . (2021). ANALISIS PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN ROTI AGUNG DI DESA SUNGAI SIPAI MARTAPURA . Scientific : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Ekonomi, 8(2), 44–55. Retrieved from https://ojs.uvayabjm.ac.id/index.php/scientific/article/view/243

Issue

Section

Article Research

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.