Pengaruh Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Kue Bawang Di Desa Jati Baru Kec. Astambul Kab. Banjar
Keywords:
Produk, Promosi, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan pengaruh produk dan promosi terhadap keputusan pembelian pada konsumen kue bawang milik Ibu Marliah baik secara parsial dan simultan. Sumber data berasal dari data primer dan data sekunder, dengan teknik pengumpulan data secara wawancara, observasi, dan kuesioner. Populasinya adalah konsumen dari kue bawang milik Ibu Marliah, penentuan sampel dengan rumus Issac dan Michael dan teknik incidental sampling diperoleh 169 responden dari 300 populasi. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu produk (X1) dan promosi (X2). Variabel dependen dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian (Y). Hasil penelitian ini menunjukkan persamaan regresi linear berganda Y = 19,660 + 0,491 X1 + 0,201 X2. Hasil uji t variabel produk (X1) menunjukkan thitung > ttabel (20,347 > 1,974), artinya variabel produk berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian. Hasil uji t variabel promosi (X2) menunjukkan thitung > ttabel (8,096 > 1,974), artinya variabel promosi berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian. Hasil uji f menunjukkan fhitung > ftabel (422,815 > 3,05), artinya variabel produk dan promosi berpengaruh signifikan secara simultan atau bersama – sama terhadap keputusan pembelian (Y) pada kue bawang milik Ibu Marliah. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi berganda (Adjusted R Square) diketahui sebesar 0,834 memperlihatkan besarnya kontribusi atau peran produk (X1) dan promosi (X2) mampu menjelaskan keputusan pembelian (Y) sebesar 83,4% dan sisanya 16,6% di jelaskan oleh variabel lain yang tidak dianalisis dalam model.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Puji Hastuti, Diah Ismayanti, Aulia Rahmah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.