Pengembangan Modul IPA SMP Pada Materi Sistem Organisasi Kehidupan Berbasis Literasi Sains
DOI:
https://doi.org/10.57216/pah.v17i2.3Kata Kunci:
Modul; Aspek Literasi Sains; Sistem Organisasi KehidupanAbstrak
Indonesia pada tahun 2018 berdasarkan hasil PISA berada di peringkat ke-72 dari 77 negara kemampuan literasi sains. Bahan ajar menjadi salah satu indikator rendahnya kemampuan literasi sains. Berlandaskan penelitian sebelumnya, bahan ajar IPA yang ada belum memenuhi literasi sains yang seimbang. Berdasarkan data yang ada rendahnya kemampuan peserta didik dalam hal literasi sains dan komponen pada bahan ajar IPA yang ada tidak memuat literasi sains yang seimbang, khususnya pada modul. Penelitian pengembangan ini bertujuan mengetahui validitas modul IPA berbasis literasi sains. Prosedur penelitian ini dan pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Tessmer. Prosedur penelitian ini dibagi menjadi lima tahap, yaitu Self Evaluation, Expert Review, One to one,Small Group, dan Field Test. Namun, pengembangan ini dibatasi pada tahap Expert Review. Berdasarkan hasil dari tiga validator modul mendapatkan persentase validitas 83,78% yang berarti valid, dan aspek literasi sains pada modul mendapatkan persentase validitas 83,33%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan modul IPA memuat aspek literasi sains valid layak untuk diuji cobakan.
Referensi
Lestari, F. D. (2018). Gerakan literasi di kelas V MIN 1 Yogyakarta. Jurnal Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah
Ibtidaiyah, 1(2).
OECD. (2019). PISA 2018: Insights and Interpretations.
Sari, N., Sumantri, M. S., & Bachtiar, I. G. (2018). The development of science teaching materials based on STEM to
increase science literacy ability of elementary school students. International Journal Of Advances In Scientific Research and Engineering (ijasre),4,DOI:http://doi.org/10.31695/IJASRE.2018.32808.
Sudjana. (2017). Media pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Widoyono, E. (2016). Penilaian hasil pembelajran di sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Mahdiati, Maya Istyadji, Sauqina
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.