Kinerja Tenaga Kependidikan Pada SMA Negeri 8 Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah

Penulis

  • Insaniyah Universitas Achmad Yani Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.57216/pah.v18i1.361

Kata Kunci:

standar kompetensi; tenaga kependidikan

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja tenaga kependidikan di SMA Negeri 8 Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah ditinjau dari standar kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi manajerial sebagaimana tersebut di atas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Data penelitian berupa primer dan sekunder diperoleh melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dilihat dari kompetensi kepribadian tenaga kependidikan masih rendah etos kerja, pekerjaan masih belum tepat waktu. Dalam kompetensi profesional, tenaga kependidikan kurang mampu menggunakan peralatan kerja dengan baik, seperti pendokumentasian data institusi menggunakan berbagai media, serta memberikan pelayanan administrasi yang baik sesuai prinsip pelayanan. Dalam kompetensi sosial, tenaga kependidikan kurang bekerjasama dengan semua pendidik dan antar tenaga kependidikan itu sendiri. Sedangkan pada kompetensi manajerial, tenaga kependidikan tidak dapat merencanakan program kerja dan kegiatan dengan baik sesuai dengan bidang pekerjaannya masing-masing, karena masih ada pekerjaan yang belum dilaksanakan. Untuk lebih meningkatkan kompetensi tenaga kependidikan, disarankan agar lebih aktif mengikuti pelatihan dan seminar yang berkaitan dengan bidang kompetensi tenaga kependidikan khususnya pada jenjang pendidikan SLTA.

Referensi

Daryanto, 2007. Penilaian Kinerja Profesi Guru, Yogyakarta: Gavamedia.

Gibson, 1994. Organisasi Dan Manajeman Perilaku, Struktur Dan Proses. (Alih Bahasa P Joerdan Walid) Cet. Ke-9. Jakarta: Erlangga.

Hamalik, 2007. Manajemen Pelatihan Ketenagaan. Jakarta: Bumi Aksara.

Handoko, Hani, 1992. Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia, Yoyakarta: BP-FE Universitas Gajah Mada.

Moleong, Lexy, 2000. Metodelogi Penelitian Kualitatif, CV remadja Rosdiakarya Offset, Bandung.

Nawawi, Hadari. 2000. Metodelogi Penelitian, CV Andi Offset, Yogyakarta.

Rivai, 2005. Kepemimpinan Dan Prilaku Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Ramayulis, 2013. Profesi Dan Etika Keguruan. Jakarta: Kalam Mulia Suharsaputra.

Uhar. 2013. Administrasi Pendidikan. Bandung: Fefika Aditama.

Sondang P. Siagian, 1997. Filsafat Administrasi. Jakarta: Gunung Agung.

Wahjosimidjo, Hasyim. 2011. Faktorfaktor Kinerja Administrasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-28

Cara Mengutip

Insaniyah. (2022). Kinerja Tenaga Kependidikan Pada SMA Negeri 8 Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(1), 82–88. https://doi.org/10.57216/pah.v18i1.361

Terbitan

Bagian

Artikel