Penerapan Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Meningkatkan Hasil Belajar Materi Hak Dan Kewajiban Asasi Manusia Dalam Perspektif Pancasila Pada Siswa Kelas X/1 SMAN 1 Pulau Petak Tahun 2022

Penulis

  • Hermince SMAN 1 Pulau Petak, Kabupaten Kapuas

DOI:

https://doi.org/10.57216/pah.v19i2.662

Kata Kunci:

Ketuntasan, Perspektif Pancasila, STAD

Abstrak

Penelitian yang dilaksanakan peneliti pada mata pelajaran PKN dengan teknik tindakan kelas pada siswa kelas X SMAN 1 Pulau Petak yang berjumlah 24 orang dengan tujuan meningkatkan ketuntasan hasil belajar. Hasil penelitian ada peningkatan aktivitas pembelajaran pada pembelajaran awal sebelum tindakan adalah 43%, dengan dilakukannya tindakan pembelajaran model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) pada siklus I meningkat menjadi 71%, dan pada siklus II dengan persentase aktivitas pembelajaran memenuhi standar ketuntasan efektifitas belajar mencapai 100%. Peningkatan nilai rata-rata hasil pembelajaran siklus I diperoleh nilai rata-rata pembelajaran dari 70,86 meningkat menjadi 81,04 dengan ketuntasan 100%. Maka pembelajaran dengan pembelajaran STAD berhasil dengan baik untuk meningkatkan hasil belajar PKN pada siswa kelas X/1 SMAN 1 Pulau Petak tahun 2022.

Referensi

Ariani, T., & Agustini, D. (2018). Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT): Dampak ter-hadap Hasil Belajar Fisika. SPEJ (Science and Physic Education Journal), 1(2), 65-77.

Majoka, M. I., Dad, M. H., & Mahmood, T. (2010). Student team achievement division (STAD) as an active learning strategy: Empirical evidence from mathematics class-room. Journal of Education and Sociology, 4, 16-20.

Nikmah, E. H., Fatchan, A., & Wirahayu, Y. A. (2016). Model pembelajaran student teams achievement divisions (stad), keaktifan dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Geografi, 3(3), 1-17.

Setiawan, A., & Basyari, I. W. (2017). Desain Bahan Ajar Yang Berorientasi Pada Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Untuk Capaian Pembelajaran Pada Ranah Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 1 Plered Kabupaten Cirebon. Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 17-32.

Wahidmurni, Alifin Mustikawan, dan Ali Ridho. (2022). Evaluasi Pembelajaran: Kompetensi dan Praktik. Yogyakarta: Nuha Letera.

Wulansari, A. D. (2014). Efektivitas Penerapan Metode Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions Dan Team Assisted Individualization Pada Materi Regresi Linier. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 12(1), 155-173.

Yeung, H. C. H. (2015). Literature review of the cooperative learning strategy-student team achievement division (STAD). International Journal of Education, 7(1), 29-43.

Yuliati, G. (2018). Peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Batukliang melalui penggunaan model pembelajaran student teams achievement di-vision. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bi-dang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 4(1), 31-40.

Yusuf, Y. Q., Natsir, Y., & Hanum, L. (2015). A Teacher's Experience in Teaching with Stu-dent Teams-Achievement Division (STAD) Technique. International Journal of In-struction, 8(2), 99-112.

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-04

Cara Mengutip

Hermince, H. (2023). Penerapan Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Meningkatkan Hasil Belajar Materi Hak Dan Kewajiban Asasi Manusia Dalam Perspektif Pancasila Pada Siswa Kelas X/1 SMAN 1 Pulau Petak Tahun 2022. Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 19(2), 95–106. https://doi.org/10.57216/pah.v19i2.662

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.