Efektivitas Media Audiovisual Terhadap Motivasi Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di SDN 2 Loktabat Utara Banjarbaru

Penulis

  • Insaniyah UNIVERSITAS ACHMAD YANI BANJARMASIN

DOI:

https://doi.org/10.57216/pah.v17i2.297

Kata Kunci:

Efektivitas, Media Audiovisual, Motivasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah efektif penggunaan media audiovisual terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Tematik di SDN 2 Loktabat Utara Banjarbaru. Tempat penelitian ini dilaksanakan pada SDN 2 Loktabat Utara Banjarbaru kecamatan Banjarbaru Utara, Kota Banjarbaru.Obyek yang diteliti adalah Efektivitas Media Audiovisual Terhadap Motivasi Siswa Pada Pembelajaran Tematik, dan subyek yaitu seluruh siswa kelas IV B pada SDN 2 Loktabat Utara Banjarbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Sekolah Dasar Negeri kelas IV pada Sekolah Dasar Negeri 2 Loktabat Utara Banjarbaru yang berjumlah 54 orang sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas IV B yang terdiri dari 13 laki-laki dan 14 perempuan di Sekolah Dasar Negeri 2 Loktabat Utara Banjarbaru tahun ajaran 2019/2020. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Proposive Sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methode deskriptif yaitu penggabungan antara metode kuantitatif dan kualitatif dalam satu penelitian, dan menggunakan alat penggali data berupa obervasi, wawancara dan angket serta dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan cara data reduction (reduksi data), data display (penyajian pata), conclusion drawing (penarikan kesimpulan). Analisis yang digunakan dalam penelitian ini berupa data yang diperoleh melalui penelitian library research (kepustakaan) dan penelitian field research (lapangan), dalam menganalisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus rata-rata (mean) dan terakhir di rumuskan dengan menggunakan kategori efektifitas.

Referensi

Ashari,Hasan. Wahyu, Letari. Taufiq, Hidayat. (2016). Instrumen Penilaian Unjuk Kerja Siswa Smp Kelas Viii Dengan Model Peer Asssessment Berbasis Android Pada Pembelajaran Penjasorkes Dalam Permainan Bola Voli. Journal of Educational Research and Evaluation. Hal.11.

Fauzi, Achmad. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: KMedia.

Hamzah, Amir. (2019).Metode Penelitian Kualitatif. Malang: Literasi Nusantara.

Majid, Abdul. (2017). Pembelajaran Tematik Terpadu. Cetakan III. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. H. Iskandar, Dadang. dkk. (2017). Revolusi Dan Inovasi Pembelajaran. Cetakan II. Bandung: : PT. Remaja Rosdakarya.

Rosyid, Zaiful Moh, Halimatus Sa’diyah, Nanda Septiana . (2019). Ragam Media Pembelajaran. Malang: Literasi Nusantara.

Uno, B. Hamzah dan Mohammad, Nurdin. (2015). Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif,Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Cetakan VI. Jakarta: PT. Bumi Aksara Tahun Ajaran 2016/2017.

Unduhan

Diterbitkan

2021-10-30

Cara Mengutip

Insaniyah. (2021). Efektivitas Media Audiovisual Terhadap Motivasi Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di SDN 2 Loktabat Utara Banjarbaru. Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 17(2), 136–141. https://doi.org/10.57216/pah.v17i2.297

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.