Pengaruh Fungsi Pelayanan Administrasi Dan Kinerja Pegawai Terhadap Peningkatan Mutu Pelayanan Publik Di Kecamatan Banjarbaru Kota
DOI:
https://doi.org/10.57216/pah.v20i1.755Kata Kunci:
Pelayanan, Disiplin, AparatAbstrak
Kurang maksimalnya fungsi pelayanan yang diberikan pejabat terhadap masyarakat berdampak pada kurang puasnya masyarakat terhadap pemberi pelayanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh fungsi pelayanan administrasi dan kinerja aparatur terhadap peningkatan pelayanan publik. Pendekatan yang bersifat deskriptif kualitatif. Sampel yang ditetapkan sebanyak 30 orang dengan teknik encidental sampling, teknik pengumpulan data melalui inkuiri dan observasi langsung dengan didukung dokumentasi yang ditemukan. Analisis data menggunakan sistem tabulasi persentase untuk mengetahui besarnya tingkat pencapaian setiap item pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi pelayanan administrasi dan kinerja di Kecamatan Banjarbaru Kota kurang optimal disebabkan rendahnya kompetensi yang dimiliki aparat dalam bekerja. Kemudian pengawasan internal yang kurang komunikasi terhadap kegiatan operasional, dengan sikap kurangnya komunikasi disiplin aparat yang bersangkutan.
Referensi
Caiden. (1982). Administrasi Publik, Inc. New Jersey
Batinggi, H. Achmad. (2004). Manajemen Pelayanan Umum. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka
Handayaningrat, Soewarno. (1992). Administrasi Pemerintahan Dalam Pembangunan Nasional. Jakarta: CV Bina Aksara
Henry, Nicholas. (1995). Administrasi Negara Masalah-Masalah Publik. Jakarta: PT Rajawali Pers
Ibnu, Kencana.(2006). Pelayanan Publik. Jakarta: CV Rosdiakarya
Joko, Widodo.(2002). Pelayanan Pada Konsumen. Surabaya: CV Bina Ilmu
Keban, Yeremias. (2004). Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik Konsep, Teori dan Isu. Bandung: CV Gava Media
Kotler. (2000). Manajemen Pemsaran Indonesia, Analisis Perencanaan Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: CV Salemba Empat
Kunci, K. (2019). Kualitas Pelayanan Publik. 1(1), 9–18.
Kusmanto, H. (2020). Strukturasi : Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik Analisis Kualitas Pelayanan Publik Rawat Inap Pada Badan Layanan Umum Rumah Sakit Umum Daerah Kota Subulussalam, Staf Pengajar Magister Program Studi Administrasi Publik, Universitas Medan Area Rahmah Kampong Subulussalam Barat Kecamatan Simpang Kiri Kota Subulussalam .1(1), 22–31.
Lukman, Sianipar. (1998). Reformasi Pelayanan Publik Dalam Era Globalisasi. Depdagri, Jakarta
Luh, N., Puspitasari, P., & Bendesa, I. K. G. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Di Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Badung. 1, 89–114
Mahmudi, (2005). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Jakarta: Percetakan Akademi Manajemen Perusahaan YKPN
Munir. (2001). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT Gunung Agung
Mutiara, S., Penggabean. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: CV Ghalia Indonesia
Nurcholis. (2005). Pelayanan Publik Dalam Administrasi Negara. Jakarta: PT Gunung Agung
Ouchi. (1990). Pelayanan Publik. Surabaya: CV Atlantik Persada
Prijono, Tjiptoherjanto. (1996). Sumber Daya Manusia Dalam Pembangunan Nasional. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia
Sondang P. Siagian, (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: CV Bumi Aksara
Sinambela. (2006). Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: CV Bumi Aksara
Soeharyo, Salamoen. (2006). Sistem Penyelenggaraan Pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara-Republik Indonesia
Supriyadi, Gering. (2006). Budaya Kerja Organisasi Pemerintah. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara-Republik Indonesia
Sutopo. (2006). Pelayanan Prima. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Republik-Indonesia
Talizduhu. (2005). Pengukuran Pelaksanaan Pelayanan Pada Publik. Jakarta: CV Rosdiakarya
Totok, Budi Santoso. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CV Andi Offset
Winarsih, Ati Septa dan Ratminto, (2005). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: CV Pustaka Belajar
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Sri witanti
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.