Pengaruh Fungsi Pelayanan Administrasi Dan Kinerja Pegawai Terhadap Peningkatan Mutu Pelayanan Publik Di Kecamatan Banjarbaru Kota

Penulis

  • Sri witanti Universitas Achmad Yani Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.57216/pah.v20i1.755

Kata Kunci:

Pelayanan, Disiplin, Aparat

Abstrak

Kurang maksimalnya fungsi pelayanan yang diberikan pejabat terhadap masyarakat berdampak pada kurang puasnya masyarakat terhadap pemberi pelayanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh fungsi pelayanan administrasi dan kinerja aparatur terhadap peningkatan pelayanan publik. Pendekatan yang bersifat deskriptif kualitatif. Sampel yang ditetapkan sebanyak 30 orang dengan teknik encidental sampling, teknik pengumpulan data melalui inkuiri dan observasi langsung dengan didukung dokumentasi yang ditemukan. Analisis data menggunakan sistem tabulasi persentase untuk mengetahui besarnya tingkat pencapaian setiap item pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi pelayanan administrasi dan kinerja di Kecamatan Banjarbaru Kota kurang optimal disebabkan rendahnya kompetensi yang dimiliki aparat dalam bekerja. Kemudian pengawasan internal yang kurang komunikasi terhadap kegiatan operasional, dengan sikap kurangnya komunikasi disiplin aparat yang bersangkutan.

Referensi

Caiden. (1982). Administrasi Publik, Inc. New Jersey

Batinggi, H. Achmad. (2004). Manajemen Pelayanan Umum. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka

Handayaningrat, Soewarno. (1992). Administrasi Pemerintahan Dalam Pembangunan Nasional. Jakarta: CV Bina Aksara

Henry, Nicholas. (1995). Administrasi Negara Masalah-Masalah Publik. Jakarta: PT Rajawali Pers

Ibnu, Kencana.(2006). Pelayanan Publik. Jakarta: CV Rosdiakarya

Joko, Widodo.(2002). Pelayanan Pada Konsumen. Surabaya: CV Bina Ilmu

Keban, Yeremias. (2004). Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik Konsep, Teori dan Isu. Bandung: CV Gava Media

Kotler. (2000). Manajemen Pemsaran Indonesia, Analisis Perencanaan Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: CV Salemba Empat

Kunci, K. (2019). Kualitas Pelayanan Publik. 1(1), 9–18.

Kusmanto, H. (2020). Strukturasi : Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik Analisis Kualitas Pelayanan Publik Rawat Inap Pada Badan Layanan Umum Rumah Sakit Umum Daerah Kota Subulussalam, Staf Pengajar Magister Program Studi Administrasi Publik, Universitas Medan Area Rahmah Kampong Subulussalam Barat Kecamatan Simpang Kiri Kota Subulussalam .1(1), 22–31.

Lukman, Sianipar. (1998). Reformasi Pelayanan Publik Dalam Era Globalisasi. Depdagri, Jakarta

Luh, N., Puspitasari, P., & Bendesa, I. K. G. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Di Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Badung. 1, 89–114

Mahmudi, (2005). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Jakarta: Percetakan Akademi Manajemen Perusahaan YKPN

Munir. (2001). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT Gunung Agung

Mutiara, S., Penggabean. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: CV Ghalia Indonesia

Nurcholis. (2005). Pelayanan Publik Dalam Administrasi Negara. Jakarta: PT Gunung Agung

Ouchi. (1990). Pelayanan Publik. Surabaya: CV Atlantik Persada

Prijono, Tjiptoherjanto. (1996). Sumber Daya Manusia Dalam Pembangunan Nasional. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

Sondang P. Siagian, (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: CV Bumi Aksara

Sinambela. (2006). Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: CV Bumi Aksara

Soeharyo, Salamoen. (2006). Sistem Penyelenggaraan Pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara-Republik Indonesia

Supriyadi, Gering. (2006). Budaya Kerja Organisasi Pemerintah. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara-Republik Indonesia

Sutopo. (2006). Pelayanan Prima. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Republik-Indonesia

Talizduhu. (2005). Pengukuran Pelaksanaan Pelayanan Pada Publik. Jakarta: CV Rosdiakarya

Totok, Budi Santoso. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CV Andi Offset

Winarsih, Ati Septa dan Ratminto, (2005). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: CV Pustaka Belajar

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-02

Cara Mengutip

witanti, sri. (2024). Pengaruh Fungsi Pelayanan Administrasi Dan Kinerja Pegawai Terhadap Peningkatan Mutu Pelayanan Publik Di Kecamatan Banjarbaru Kota. Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 20(1), 129–137. https://doi.org/10.57216/pah.v20i1.755

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.