Peningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Materi Cahaya Dan Optik Dengan Metode Pendekatan CTL Demonstrasi Pada Peserta Didik Kelas VIII/B SMP Negeri 1 Kapuas Kuala Tahun Pelajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.57216/pah.v19i1.545Kata Kunci:
Pendekatan demonstrasi, CTLAbstrak
Pada masa pasca pandemic pembelajaran PTM merupakan angin segar bagi pembelajaran karena kurang lebih dua tahun pembelajaran daring sehingga dengan adanya pembelajaran luring PTM yang dilaksanakan penelitian PTK ini dilaksanakan untuk pembelajaran demontrasi dengan subjek penelitian kelas VIII/B yang berjumlah 27 orang untuk materi Cahaya dan Optik, memberikan dampak positif berupa peningkatan hasil pembelajaran pada siklus 1 hasil ketuntasan pembelajaran hanya 70% dengan rata-rata 73,1 masih belum memenuhi ketuntasan secara klasikal dengan permasalahan baru muncul. Pada siklus 1 dilakukan evaluasi dan penguatan pembelajaran remedial dan pengayaan pada siklus 2 ada peningkatan menjadi 100% dengan nilai rata-rata 75,6 memenuhi ketuntasan klasikal, dengan demikian tujuan penelitian tercapai bahwa dengan pembelajaran CTL dengan pendekatan demonstasi dinilai berhasil dengan baik
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.
Combs. Arthur. W. 2009. The Profesional Education of Teachers. Allin and Bacon, Inc. Boston.
Dahar, R.W. 2009. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2006. Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar, Jakarta. Balai Pustaka.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.
Hadi, Sutrisno. 2011. Metodogi Research. Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada. Yoyakarta.
Hadi, Sutrisno. 2011. Metodologi Research, Jilid 1. Yogyakarta: YP. Fak. Psikologi UGM.
Hamalik, Oemar. 2006. Metode Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Hasibuan. J.J. dan Moerdjiono. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hudoyo, H. 2010 . Strategi Belajar Mengajar Matematika. Malang: IKIP Malang.
Kemmis, S. dan Mc. Taggart, R. 2009. The Action Research Planner. Victoria Dearcin University Press.
Margono. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.
Mursell, James ( - ). Succesfull Teaching (terjemahan). Bandung: Jemmars.
Ngalim, Purwanto M. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ngalim, Purwanto M. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Siti Fatimah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.