Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Menggunakan Media Quizizz Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 78 Palembang

Penulis

  • Dwi Rimayani* PGSD, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia
  • Makmum Raharjo PGSD, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia
  • Rudiansyah PGSD, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.57216/pah.v20i2.823

Kata Kunci:

Pembelajaran Berdiferensiasi, Quizizz Paper Mode, Keaktifan Belajar

Abstrak

Pengkajian ini bertarget guna menjabarkan model belajar Berdiferensiasi yang didukung oleh media Quizizz guna mengembangkan keaktifan belajar murid. Pengkajian ini berjenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang diselenggarakan melalui 2 siklus. Pengkajian ini diselenggarakan di SD Negeri 78 Palembang, yang bersubjek murid kelas IV C dengan total 25 murid. Guna menghimpun datanya memakai observasi serta analisa datanya memakai pendekatan deskriptif kuantitatif. Perolehan pengkajianya menampilkan bila penerapan model belajar Berdiferensiasi yang dibantu oleh media Quizizz sukses menaikan keaktifan belajar murid, seperti yang dibuktikan oleh kenaikan persentase keaktifan peserta didik sebesar 2,75%, yang menunjukkan kategori aktif. Dengan demikian, penggunaan media Paper Mode Quizizz terbukti efektif untuk mengembangkan keaktifan belajar murid guna belajar IPAS, serta membantu mewujudkan situasi belajar yang mendukung serta menyenangkan partisipasi aktif dari murid.

Referensi

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Im-plementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95–101

Evitasari, A. D. (2022). Media Diorama dan Keaktifan Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 2.

Evitasari, A. D., & Aulia, M. S. (2022). Media Diorama dan Keaktifan Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 3(1), 1-9.

Haidir, & Salim. (2019). Penelitian Pendidikan Metode Pendekatan dan Jenis. Jakarta: Kencana.

Mardhiyati, N., Maghfiroh, & Rima, A. (2023). Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Pem-belajaran Berdiferensiasi di Madrasah Ibtidaiyah. 5(March), 85–100.

Materi Pengukuran Sudut Bangun Datar Dengan Media Quizizz Mode Kertas Kelas 4 SD Negeri 33 Mataram. Journal of Science Instruction and Technology, 3(1), 73-78.

Nisa, A. F. (2023, August). Paper Mode Quizizz sebagai Media Penilaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Siswa SD. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 1, No. 1, pp. 112-123).

Picasouw, T. E., Apituley, W. E., Pulung, R., Lilimau, R., & Saparuane, M. J. (2023). Kreativ-itas Guru Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi. DIDAXEI, 4(1), 524-535.

Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Pedagogy, 16(1), 34-54. Epri-na, S. R., Witono, H., & Lestari, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika

Susanti, E., Alfiandra, A., Ramadhan, A. R., Nuriyani, R., Dameliza, O., & Sari, Y. K. (2023). Optimalisasi pembelajaran berdiferensiasi konten dan proses pada perencanaan pembelajaran ppkn. Educatio, 18(1), 143-153.

Wahyuni, A. S. (2022). Literature review: pendekatan berdiferensiasi dalam pembelajaran ipa. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118-126.

Diterbitkan

2024-10-02

Cara Mengutip

Rimayani, D., Raharjo, M., & Rudiansyah. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Menggunakan Media Quizizz Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 78 Palembang. Pahlawan Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 20(2), 265–272. https://doi.org/10.57216/pah.v20i2.823

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.